#QMPlan, Event Review, Practical Tips

10 Tips Jitu Mengatur Uang

Liputan #FinClic Series Februari 2016 – Halo Tetangga!

Nggak terasa sudah hampir setahun QM Financial menempati kantor baru di bilangan Grand Wijaya Center. Nah, di bulan Februari ini, #FinClic mengundang para karyawan di sekitar kantor kami untuk silaturahmi, di acara bertajuk Halo Tetangga! Kan kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, ya? Hehe..

IMG_4354 (2)

#FinClic Series Halo Tetangga berlangsung di hari Selasa, 23 Februari 2016 setelah jam kantor. Pada kesempatan ini, mbak Wina berbagi 10 tips jitu tentang bagaimana mengatur uang. Yuk, simak tips berikut dan coba cek, apakah sudah kamu terapkan?

1. Ngobrol dengan pasangan

Untuk kamu berstatus menikah, ternyata nggak gampang, ya.. ngobrolin soal uang? Sudah baca tips di sini http://www.qmfinancial.com/5-tips-ngobrolin-uang-dengan-pasangan/?

Hal ini penting, karena dari sinilah kita bekerja sebagai tim, memahami kondisi keuangan keluarga, menyepakati tujuan bersama, dan jangan lupa, berbagi peran dalam mengatur keuangan keluarga!

2. Belajar cara hemat

  • Potong pengeluaran tersier. Doyan nonton? Ngopi-ngopi cantik? Berburu midnight sale? Itu semua pengeluaran tersier, lhoo! Coba deh.. potong pengeluaran semacam ini. Bukan berarti nggak ada sama sekali, hanya porsinya dikurangi.
  • Cari barang subsitusi, yaitu mencari barang yang kegunaannya sama, dengan merk yang berbeda yang harganya lebih terjangkau. Misalnya, selai coklat impor diganti dengan selai coklat buatan lokal. Atau tissue merk tertentu diganti menjadi house brand (itu, lhoo.. tissue yang nggak ada merknya, atau merknya adalah nama jaringan toko penjualnya, hehe…)
  • Ubah kebiasaan hidup. Hal sederhana seperti mencabut stop kontak listrik jika sudah selesai digunakan, mematikan lampu pada malam hari dan mengganti lampu listrik dengan LED ternyata bisa berpengaruh banyak, lho!

3. Kartu Kredit Harus Lunas

Punya kartu kredit itu banyak manfaatnya, lho! Nggak perlu bawa uang tunai dalam jumlah banyak, ada tawaran promo dan diskon, dan sebagainya. Tapi pastikan kamu mengerti cara penggunaannya, ya! Pastikan tagihan kartu kreditmu dibayar lunas setiap bulannya! Berani gesek harus berani bayar!

4. Nabung di Depan = Bukan Sisa

Banyak orang mengeluh tidak bisa menabung secara konsisten. Faktanya, kalau menunggu sisa di akhir bulan, memang hampir pasti nggak ada sisa. Coba deh, ubah polanya. Ketika menerima gaji, sisihkan di awal untuk menabung. Agar semangat menabung, konsisten dan nggak mudah kamu sabotase (baca: diambil lagi di akhir bulan), coba tentukan tujuan menabungmu, misalnya untuk berlibur, atau untuk membeli sesuatu yang bernilai cukup besar.

5. Tabungan minimal 10%

Ini rule-of-thumbnya. Kalau bisa lebih, tentu lebih baik lagi. Jadi, kalau penghasilanmu naik, jangan lupa, jumlah uang yang ditabung setiap bulannya ditambah juga ya!

6. Cicilan maksimal 30%

Pernah terpikir, nggak.. kita itu susah kalau diajak menabung, tapi paling mudah diajak berhutang. Sah-sah saja kalau punya utang. Tapi, untuk menjaga kondisi keuanganmu tetap sehat, usahakan agar total cicilan maksimal per bulan adalah 30% dari gaji. Kenapa? Supaya kamu masih bisa hidup nyaman, tentunya.

Nggak enak kan, kalau sesudah gajian, lalu bayar cicilan, kemudian sisa uangnya sangat pas-pasan? Lalu, kamu harus mati-matian berhemat dan nggak bisa menikmati hari-harimu sampai siklus gajian berikutnya. Mau? Nggak, kan?

7. Utang untuk jadi aset

Melanjutkan tips no 6, sebaiknya utang adalah untuk tujuan produktif, misalnya pembelian aset seperti rumah, mobil, apartemen atau untuk usaha.

8. Fokuslah pada tujuan bukan pada keuntungan

Masih ingat “TUJUAN KAMU APA?”, kan? Kalau punya tujuan yang jelas, kamu akan fokus ke pencapaian tujuan keuanganmu, menggunakan instrumen investasi yang tepat dan memiliki komitmen.

9. Punya proteksi kesehatan

Proteksi kesehatan penting untuk kita semua tanpa kecuali. Baca lebih detilnya di http://www.qmfinancial.com/1-2-3-memilih-asuransi-kesehatan/

10. Proteksi Jiwa

Asuransi jiwa hanya diperlukan oleh mereka yang memiliki tanggungan. Baca lebih detilnya di http://www.qmfinancial.com/1-2-3-memilih-asuransi-jiwa/

Nah, itu dia 10 tips jitu mengatur uang! Coba cek, sudah berapa banyak poin yang kamu terapkan?

Ingat, penting bagi kita untuk menjadi kuat, karena ketika keuangan kita kuat, kita akan menjadi kuat untuk orang lain!

Sampai bertemu di #FinClic berikutnya, 29 Maret 2016 dengan tema “Online Shop Sista”, ya! Buruan daftar karena tempat terbatas!

Aay Marhaini / Finance Officer

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch