Articles, PLANNERS BLOG

2 Langkah Mudah Agar First Jobber Bisa Mandiri!

Siapa yang baru lulus kuliah? Selamat ya!

Senang dong rasanya sudah tidak berstatus mahasiswa lagi. Biasanya lulusan bangku perkuliahan akan melangkah ke dunia kerja. Welcome to the real world guys!

Kali ini saya akan coba membahas rencana keuangan untuk para fresh graduate atau dengan kata lain para first jobber. Fresh graduate mendapat pekerjaan baru, punya uang hasil keringat sendiri untuk pertama kali, wah pasti rasanya bangga sekali. Bisa beli ini itu, bebas belanja apa saja yang dulu ketika menjadi mahasiswa susah sekali untuk mendapatkannya. Euforia sebagai first jobber pasti ada. Tapi ingat, jangan sampai kebablasan. Jangan sampai gajimu habis begitu saja karena gaya hidup yang belum sesuai, yang berujung pada tidak terbiasa menabung.

Hal pertama yang harus dilakukan first jobber adalah mulai kenal financial independence atau kemandirian finansial.

2 Langkah mudah agar First Jobber bisa mandiri!

  1. Membayar tagihan sendiri
    Siapa yang masih tinggal dengan orangtua?Mungkin karena baru lulus kuliah dan baru mulai bekerja maka masih tinggal di rumah orang tua. Atau ada juga yang terlanjur keenakan dan belum berpikir untuk hidup terpisah sendiri. Kamu bebas memilih tinggal dengan orang tua! Tapi cobalah untuk membayar semua tagihan hidupmu sendiri. Mulai dengan hal sederhana.

    Misalnya:

    • membeli bensin jika kamu memakai mobil keluarga
    • berhenti meminta uang untuk menonton atau untuk voucher pulsa telepon seluler
    • Lebih advance lagi: membayar biaya internet dan listrik di rumah atau membayarkan gaji asisten rumah tangga

    Kemampuan membayar sebagian biaya hidup akan melatih kamu memegang kendali pada biaya hidupmu sendiri. Jadi, ketika suatu hari nanti keluar dari rumah orang tua, maka kamu sudah tidak kaget lagi.

    Untuk yang sudah benar-benar lepas dari orang tua, kamu dapat membagi alokasi gaji menjadi beberapa pos penting misalnya tabungan minimal 10%, pengeluaran rutin 40-60%, dan pengeluaran pribadi maksimal 20%. Angka persentase tersebut merupakan angka dari penghasilan bulananmu.

  2. Membayar utang
    Kemampuan membayar utang merupakan wujud dari orang yang bertanggung jawab secara finansial. Banyak lho fresh graduate yang mencoba lari dari kewajiban membayar utang.Misalnya:

    • Mencicil barang memakai kartu kredit orangtua.Mungkin selama ini kamu cuma tahu menggesek kartu kredit ketika membeli suatu barang dan membiarkan orangtuamu yang membayar tagihannya. Sudah saatnya berhenti berpikir akan ada orang lain yang membayarkan utang kartu kredit seperti itu.
    • Kalau pernah meminjam uang orangtua, cobalah untuk membuat catatan pembayaran utangnya dan tentukan target melunasinya. Yakin deh, orangtuamu akan bangga atas tanggung jawab ini. Termin pembayaran yang panjang dengan cicilan sangat rendah juga tidak apa-apa. Niat membayarkan utang ini yang keren banget lho!

    Alokasi membayar utang atau mencicil anggarannya maksimal 30% dari penghasilanmu per bulan. Jika gajimu 3juta Rupiah maka kemampuanmu mencicil yaitu 900ribu Rupiah.

Sudah terpikir membelanjakan gaji pertamamu untuk apa saja?

Silakan direncanakan! Ada baiknya kamu punya catatan cash flow bulanan, sebagai langkah awal perencanaan keuangan. Kontrol dirimu untuk menentukan prioritas, mana yang kamu butuhkan dan mana yang sekadar kamu inginkan. Gunakan gajimu dengan bijak, maka kamu akan memiliki kebiasaan yang sehat dalam keuanganmu!

Selamat datang generasi muda yang mandiri dan bertanggung jawab!

 

Wulan / @pwulandr / QMPlanner

Diskusi yuk!

Be the First to Comment!

Notify of
avatar

wpDiscuz

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Offices

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Gedung Spazio Lt 6 Unit S632
Kompleks Graha Festival
Jl Mayjen Yono Soewoyo Kav 3
Surabaya 60226, Indonesia
Telp: (031) 99001241
Email: surabaya@qmfinancial.com

Keep in Touch