Jawab Email

Gimana sih Prosesnya Membuat Plan

Dear Wina,

Can you please tell me how this planning thing works?
Jadi kalian memberikan rekomendasi investasi kan?


Terus kalau gue ikutin terus taunya nilai investasi gue turun, tanggung jawab kalian apa? Gue kan gak mau uang gue berkurang. Trus bisa gak plan nya dibuat by email?

Kevin 31 tahun
xxxx@gmail.com


Dear Kevin,

I’m not God. I don’t control the universe. So, I cannot predict the future, I cannot direct all the factors that are affecting the returns of our investment, I don’t guarantee returns.

Maunya apa? Kalau takut uangnya berkurang, jangan investasi. Silahkan menabung. Tapi jangan dikira kalau menabung itu tidak ada resikonya. Apabila kita memiliki dana yang terbatas, misalnya hanya memiliki 1 juta / bulan untuk menabung, dalam 12 bulan x 20 tahun, hasilnya cuma 240 juta. Padahal waktu kita pensiun 20 tahun lagi, kita mungkin perlu dana 5 M. Artinya kalau hanya menabung 1 juta / bulan, kita PASTI TIDAK PENSIUN. Mau?

Ini bedanya penabung vs investor.

Penabung hanya mau menyisihkan uangnya, gak mau uangnya berkurang, tapi mau uang itu bertambah dengan sendirinya. I don’t know about you, but in my reality, it does work like that.
Investor akan melihat berapa banyak uangnya perlu tumbuh, berikut dengan resikonya. Artinya pertumbuhan itu bisa positif bisa negatif. Investor akan memikirkan seberapa besar toleransinya terhadap kemungkinan pertumbuhan negatif dari dana yang dimiliki.

Tugas QM Planners adalah menunjukkan angka-angka hasil perhitungan dengan asumsi-asumsi yang telah disetujui oleh para klien. Therefore, we don’t sell guaranteed returns! We sell financial consultation services.


QM Planning Process
adalah sebagai berikut:

  1. Data Gathering Questionaire (DGQ) – Client & CRO
  2. Contract sign up – Client & CEO
  3. Data input & research – Planning & Research assistants
  4. Data analysis & Plan write up – QM Planners
  5. Plan Presentations, from Draft to Final – QM Planners & Client
  6. Implementation – CRO & Client
  7. Reviews – Planning Director / Planners & Client

Yang terakhir, you are responsible for your finances. Jadi dana yang dimiliki oleh Kevin adalah dana yang dimiliki oleh Kevin. Apapun yang Kevin lakukan, mau di tabungan atau investasi di reksadana, tanggung jawabnya ya di tangan Kevin. Jangan mau terus menerus mengharapkan orang lain yang bertindak terhadap uang mu sendiri!

Cheers,

Wina

Catatan :

Nama, alamat email dan detail email telah dirubah untuk melindungi
identitas pengirim email

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch