Practical Tips

Risiko : Tanggung Sendiri Dong!

Indeks Harga Saham Gabungan turun lagi? Itu yang gw lihat pas penutupan hari Jumat.

Aaaaaargh… Gajian masih minggu depan, plus ada rencana liburan ke Singapura yang pasti gak memakan biaya sedikit… Artinya pundi2 uang gak penting gw sudah menipis, gak bisa masuk lagi pada saat pasar rendah begini… Gemas n penasaran!

Hari ini gw lihat penutupan sesi 1 IHSG udh sekitar 1451 ya? Begitu benar gak, teman2 di BEI?

How about you?
Want to join the geng gong yang agresif abis dan tetap bisa tidur nyaman saat investasi naik turun. Inget ya, ini bukan untuk semua oraaaaang…

Ayo kembali ke profil risiko. Periksa checklist yang ada di artikel sebelumnya. Namanya bela negara, uang ini siap mati dong. Ini bukan uang yang akan lo tangisi kalau hilang. Kalau mau terjun (literally : terjun ya!) ke pasar saham, lo harus sudah sampai ke tahap : it’s just money, it’s not the end of your life.

Ada beberapa klien, sodara, sahabat yang dengan semangat ingin ikut geng bela negara ini. Beberapa sudah mencairkan dana yang akan ditabrakin ke tembok ini. Beberapa sudah mulai menghubungi broker saham. Malah ada yang telpon nanyain stockpick nya mau bagaimana.

Reaksi gw : gaya pisan eeeeeuuuuy… Hebat bener2 hebat ternyata Indonesia punya lho sejumlah orang yang tidak kabur saat medan pertempuran masih berlanjut.

Some warning ofcourse. Things may not get better for awhile. Kondisi pasar di Amerika Serikat masih parah2nya, sedang tidak stabil2nya.

Apakah kita sudah siap? Semua orang punya tahapannya sendiri2. 10 tahun lalu waktu pasar jeblok di tengah Krisis Moneter Asia, gw sesak napas. Boro2 punya uang untuk masuk saham. Gw masih kuliah. Urusannya hidup atau putus sekolah pulang ke Indonesia tanpa gelar. Kalau ini terjadi 5 tahun lalu, mungkin gw akan ikut geng gong panik. Kenapa? Karena 5tahun lalu gw baru “sembuh’ dari krisis keuangan pribadi, dg saldo rekening yang habis setiap bulan.

The message is as follows.
You need to get better!
You need to contnuously improve your financial condition. This way, when the time comes for you to aim higher, you’ll be ready!

Bayangkan, saat gw dan teman2 lagi sibuk memindahkan uang dai tujuan gak penting (ada departemen store lagi SALE, gw sampe gak berangkat lho demi urusan bela negara ini!!! Hahahahah)… Eh ada aja gitu temen yang dg nada bisik2…

“Wina… Mending beli saham atau bayar utang kartu kredit?”

Kasian banget! Udah pasti yang model gini akan ketinggalan kereta. Gw gak yakin hidup org ini 5 tahun lagi akan membaik. Apalagi kalau sampai hari ini belum menunjukkan tanda2 ingin memperbaiki diri.

Opportinity ada di depan mata. Tinggal kita siap gak untuk menjemput bola nya.

Gw tau kita gak bisa menggerakkan pasar. Kapitalisasi market itu gede banget. Paling2 sekali masuk bisa berapa sih? 10juta, 20juta? 10 orang aja temen2 gw, cuma 100-200juta. Gak banyak kan. Tapi efek psikologisnya yang gw mau kejar. Yang “terdamaikan” melihat keagresifan investasi gw, jumlahnya lebih banyak daripada mereka yang mau ikut ambil bagian bela negara. Org2 inilah yg harus kita gandeng. Kenapa mereka merasa lbh lega? Krn mereka tahu, kalau investasi mereka turun, nilai investasi gw akan turun lebih banyak lagi hihihi…

Makanya kalau pasar lagi kayak gini… Hati2 juga sama Relationship Manager, Private Banker, Customer Service di Bank yang mengajak lo keluar masuk kayak ingus. Bukan gitu caranya investasi di pasar modal.

Lo bukan orang bodoh! Lo punya RENCANA KEUANGAN Komprehensif. Lo tau TUJUAN LO APA. Lo tau risiko nya apa. Lo tau konsekuensi dari gak investasi itu apa. Jd waktu pasar naik turun, lo tau lo sanggup kehilangan berapa banyak. Jadi lo juga bukan orang yang akan marah2 sama para customer service officer di bank waktu uang lo nilanya menyusut. Lho kan ini duit lo sendiri, risiko ya lo sendiri yang nanggung dong gemana seh ?

Merdeka! :D *biggest grin ever*

You Are Responsible For Your Own Finances!
Ligwina Hananto

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch