Practical Tips

Gimana sih caranya bisa punya 75 Milyar?

There is this guy who claims that he has 75 billion Rupiah in cash as a result of his brilliant investment in Reksadana. Total take home pay is probably Rp 12,5 million per month.

My dearest friend Rene Suhardono was all upset last night. Hihihi… i’ve never seen him this upset before.

“Wina… you gotta tell me. Apaaaaa reksadananyaaaaa?“ kata Rene dengan penuh emosi tadi malam waktu kami nongkrong-nongkrong Jumat malam.

Jadilah, saat itu juga gue harus buka laptop dan menulis artikel ini. Hanya untukmu temanku Rene :) Karena menurut Rene, harus ada jawaban dari pernyataan sakral di televisi = “Coba Anda hitung!”

Ok… berhitunglah pekerjaanku! Hihihi salah banget yak dia ngomong getoooo… Berikut ini adalah beberapa skenario untuk bisa mencapai Rp 75 Milyar dalam waktu 33 tahun.

75milyar.png

Kalau bekerja selama 33 tahun, secara matematis Rp 75 Milyar itu bisa tercapai dengan Investasi = Rp 444.453 per bulan, target hasil investasi rata-rata 25% per tahun. Ini adalah asumsi untuk Reksadana Saham dalam jangka waktu panjang. Masalahnya, 33 tahun yang lalu, Reksadana belum ada ya gak?

Mungkin investasinya di tanah? Mana kutahu…

Anggaplah Reksadana ini sudah ada selama 11 tahun.

Ok, kalau selama 11 tahun? Secara matematis Rp 75 milyar itu bisa tercapai dengan investasi = Rp 109.982.165 per bulan, target hasil investasi rata-rata 25% per tahun. Ini adalah asumsi untuk Reksadana Saham dalam  jangka waktu panjang.

Tapi kan mungkin gajinya “cuma” Rp 12,5 juta per bulan?

Mari berasumsi orang ini gak makan, gak bayar sekolah anak, gak bayar zakat, gak punya pengeluaran sama sekali! Maka gaji Rp 12,5 juta per bulan ini bisa diinvestasikan sepenuhnya. Selama 11 tahun, secara matematis investasi Rp 12,5 juta per bulan, target hasil investasi rata-rata 25% per tahun dapat menghasilkan Rp 8,5 Milyar.

Jadi… gue pun makin penasaran. Apa sih Reksadananya? :)

Aduh… pegel ya hihihi…

Tapi artinya ada harapan! Untuk kita, 33 tahun lagi, investasi Rp 450ribuan bisa jadi 75 Milyar. Ya kan?

Khusus untuk Rene…. mungkin yaa.. kasus orang punya 75 Milyar itu… karena dia… gak punya utang kartu kredit? Gimana?

*kabuuuuuuur*

Finance Should be Practical! And accounted for…
Ligwina Hananto

PS :

“Coba Anda hitung!”

“Sudah Pak, dan hitungan saya harusnya orang itu gak punya Rp 75 Milyar. Jadi pake produk apa sih? Kasih tahu dong. Pajaknya udah bayar kan ya?”

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch