Planner Blog

Kapan harus menyiapkan Dana Pendidikan?

 

Sebelum punya anak, saya tidak pernah terpikir untuk menyiapkan dana pendidikan. Saat hamil pun yang dipikirkan hanya baby stuff,  tidak pernah terpikir biaya sekolah si anak nanti. Sebelumnya pernah sih dengar- dengar dana pendidikan dari talkshow radio, televisi, artikel, dll. Tapi urgensinya sama sekali tidak terbayang sampai saya akhirnya bekerja di QM.

 

Setelah coba-coba hitung plan sendiri, ternyataaa.. Dana Pendidikan itu mahal banget ya!

 

Dengan umur Raissa yang hampir dua tahun, dana pendidikan yang harus dikejar besar sekali. Jadi agak menyesal selama ini uang saya dan suami kemana aja ya? Kalau saja kita mulai lebih awal pastinya tidak akan sebesar ini investasinya.

 

Tapi seperti kata pepatah, lebih baik terlambat memulai daripada tidak sama sekali  *menghiburdiri*. Berdasarkan pengalaman, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghitung dana pendidikan:

1. Jangka waktu untuk mulai masuk sekolah dan lamanya pendidikan. Misalnya untuk anak saya masuk SD 4 tahun lagi lamanya pendidikan akan di tempuh selama 6 tahun, masuk SMP 10 tahun lagi lamanya pendidikan di tempuh selama 3 tahun, dst.

2. Biaya apa saja yang akan dikeluarkan, seperti uang pangkal, SPP, tahunan, dsb. Mulailah mencari tahu berapa biaya- biaya tersebut di sekolah yang kita incar. Dari situ bisa dihitung Future Value-nya. Lalu apa yang akan kita cover, uang pangkalnya saja kah, atau dengan bulanan, bahkan uang bukunya karena akan sangat berpengaruh terhadap besarnya investasi kita saat ini. Kalau kita merasa terlalu berat untuk berinvestasi seluruh biaya sekaligus, tidak apa-apa untuk berinvestasi uang pangkalnya saja dengan asumsi nantinya biaya bulanan atau SPP akan di tutup dari cashflow bulanan kita di masa yang akan datang, dengan harapan semoga penghasilan kita juga ikut meningkat. Untuk menghitung dana pendidikan dapat dilihat di link berikut :  http://tujuanloapa.qmfinancial.com/index.php/page/dana-pendidikan

3. Jenis sekolah apa yang akan kita pilih, apakah sekolah dengan kurikulum nasional plus, negeri, internasional, dsb. Karena adanya perbedaan kurikilum, kita tidak bisa sembarangan memindahkan anak dari sekolah internasional kesekolah negeri misalnya.

4. Lokasi sekolah, apakah worth it menyekolahkan anak di sekolah mahal dan bagus namun jauh? Bagaimana transportasinya? Selain biaya transportasi, kita juga harus mempertimbangkan kondisi anak apabila memilih sekolah yang lokasinya jauh dari rumah.

 

Setelah memperhitungkan dan membuat rencana investasi untuk dana pendidikan, pengeluaran saya dan suami otomatis berubah drastis. Kami harus mengurangi pos- pos untuk biaya yang sebenarnya tidak perlu. Bukan berarti pelit ya, tapi “are we living the lifestyle we deserve?” Apa iya kita bisa bebas jalan- jalan, belanja-belanja tapi dana pendidikan anak belum disiapkan?

 

Tidak perlu yang jauh- jauh kalau memang belum mampu, minimal yang terdekat seperti masuk TK dan SD. Oh ya, nantinya kalau anak sudah masuk TK atau SD, porsi investasi yang digunakan untuk TK atau SD tersebut bisa dilanjutkan untuk jenjang berikutnya.

 

Yang terpenting adalah semakin cepat kita memulai investasi untuk dana pendidikan, semakin kecil pula investasi yang harus dijalankan, karena untuk jangka waktu panjang seperti di atas 10 tahun, kita bisa menggunakan instrumen investasi yang bisa memberikan return yang lebih besar, namun dengan resiko yang lebih besar pula. Tapi resiko itu dapat diminimalisir dengan jangka waktu yang panjang tadi.

Jadi, selamat memulai investasi dana pendidikan ya!

 

Education cost money, but then so so does ignoranceClaus Moser-

AuliaIsti|CRO|@auliaisti


Satu tanggapan untuk “Kapan harus menyiapkan Dana Pendidikan?”

  1. […] @QM_Financial: Ini artikel tentang Dana Pendidikan http://www.qmfinancial.com/kapan-harus-menyiapkan-dana-pendidikan/ … … artikel lainnya bisa disearch dengan kata “dana pendidikan” […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch