Planner Blog

Handphone Baru :)

Selama ini saya kurang tertarik dengan yang namanya gadget, baik itu handphone, laptop, kamera dan lainnya. Dulu, selama handphone masih bisa dipakai untuk SMS dan telepon sudah cukup bagi saya. Namun beberapa tahun yang lalu saya tergoda untuk pakai Blackberry. Jadi sekarang kriteria handphone pun nambah, harus bisa chat, email, kirim dokumen. Ternyata saya yang gaptek pun harus belajar hal baru :)

Biasanya untuk pemilihan gadget mana yang ok, saya mengandalkan suami. Dia itu rajin sekali browsing internet, beli majalah atau tabloid untuk dapat info tentang gadget terbaru. Bahkan teman kantornya pun selalu meminta saran kalau mau membeli gadget baru :)

Dari dia juga saya dapat beberapa tips untuk beli handphone yang sesuai, diantaranya :

  • Pastikan dulu apa yang kita perlukan dari handphone yang mau kita beli, apa sekedar telepon, gaya atau bertujuan untuk mempermudah hidup kita. Misalnya, apakah kita perlu handphone GPS atau multimedia yang canggih kalau cara pakainya saja bingung.
  • Mencari gadget sejenis yang menawarkan aplikasi yang hampir mirip atau serupa. Siapa tau dengan fasilitas yang hampir sama, kita akan dapat harga lebih murah.
  • Gunakan internet, tabloid atau kunjungi pameran untuk mencari promo harga termurah baik di toko, website jual beli, dan lainnya.
  • Perhatikan kemudahan dalam penggunaan, perawatannya dan aksesorisnya. Kalau punya handphone canggih tapi tidak tahu cara pakainya percuma saja.
  • Perhatikan waktu pembelian. Biasanya menjelang peluncuran produk baru, tipe lama akan turun harganya.
  • Pilih produk yang bergaransi resmi. Lebih baik produk yang dibeli memiliki garansi resmi sehingga bila rusak masih dapat diganti dalam kurun waktu garansi yang diberikan. Ada juga yang mementingkan harga lebih murah tapi tidak ada garansi, tergantung pilihan masing- masing individu.

Setelah tips terkait teknis diatas, menurut saya hal penting lain yang harus diperhatikan agar keuangan kita tidak jebol demi membeli handphone baru adalah :

  • Budget. Tentukan budget, mampu bayar atau tidak, kalau pun akan menggunakan cicilan 0%, pastikan cicilan bulanannya tidak mengganggu cashflow. Kan ga lucu ya kalau kita pakai hutang untuk membeli gadget tapi hanya bayar minimum payment. Gaya tapi ngutang? Oh no! Untuk mengurangi pengeluaran yang cukup signifikan kalau kita ingin membeli tunai, ada baiknya kita menabung terlebih dahulu. Buat target berapa lama budget gadget ini akan tercapai kemudian sisihkan setiap bulannya.
  • Aplikasi. Ada aplikasi yang gratis dan berbayar. Kalau pilih yang berbayar dan pembayarannya via kartu kredit, pastikan pemakaiannya terkontrol ya
  • Provider. Pilih  paket layanan dari provider yang tepat dan sesuai kebutuhan. Kalau di rumah atau kantor ada fasilitas wifi, mungkin kita tidak perlu layanan full service untuk internet sehingga bisa menghemat biaya layanan ponsel.

Untuk beberapa orang gonta-ganti handphone adalah kebutuhan, meskipun buat saya, selama yang lama masih bisa digunakan untuk apa ganti baru?! Tapi kalau namanya sudah hobi susah ya.. Jadi alangkah baiknya kalau budget pembelian handphone baru dimasukan dalam tujuan finansial dan direncanakan dengan baik supaya keuangan kita tidak kebobolan :)

Nah, selamat berburu handphone baru ya!

Aulia Isti |CRO|@auliaisti

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial adalah sebuah perusahaan perencana keuangan independen yang terus berkembang. Jika Anda memiliki passion dalam perencanaan keuangan, Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch