Planner Blog

Mau Liburan? Rencanain Yuk!

Sebenarnya saya bukan tipe orang yang “travelling freak” namun setiap tahun ingin bisa liburan.

Dana untuk liburan memang rutin saya kumpulkan dari penghasilan bulanan ditambah sebagian bonus tahunan.

Tujuan liburan bulan Juni kemarin adalah Singapura karena terakhir ke sana, Universal Studio belum rampung sehingga penasaran. Saya belum pernah sekalipun naik MRT, ternyata suami juga ingin kesana sehingga memutuskan Singapura sebagai tujuan liburan kami.

Liburan kali ini rencananya mau super hemat sehingga sejak beberapa bulan sebelumnya saya sudah hunting tiket murah pada salah satu maskapai penerbangan yang terkenal cukup miring harganya. Saya mendapatkan tiket pulang pergi (PP) untuk 2 orang  lebih murah dari harga normal. Sebenarnya saya bisa dapat harga lebih murah lagi apabila booking ticket lebih awal. Untuk liburan selanjutnya saya harus hunting jauh lebih awal agar mendapatkan tiket murah lagi :)

Selama di sana saya menginap di hostel. Karena belum pernah sekalipun menginap di hostel, saya browsing dulu dan bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman. Teman kantor saya, Jerry menyarankan untuk menginap di salah satu hostel yang mendapat rekomendasi dari Singapore Tourism Board karena tempatnya bersih dan nyaman. Berikut link hostel yang saya tinggali http://www.abchostel.com.sg/ . Sebenarnya banyak juga hostel  bersih dan nyaman selain yang saya tinggali, rajin-rajin browsing saja :)

Keuntungan hostel yang saya pilih ini down payment sebesar 50% dapat dibayarkan melalui transfer dari bank lokal Indonesia, sisanya pada saat check out.

Selama di Singapura saya dan suami menggunakan MRT sebagai transportasi sehingga  kami sudah mempersiapkan MRT network map yang diunduh dari http://www.smrt.com.sg/Trains/NetworkMap.aspx. Setelah merasakan keamanan dan kenyamanan naik MRT, saya jadi berharap Indonesia dapat segera memiliki MRT juga.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merencanakan liburan:

  • Tujuan loe kemana. Tujuan liburan dalam negeri dengan luar negeri biayanya berbeda.
  • Kapan dan berapa lama. Musim liburan menyebabkan membengkaknya harga tiket dan penginapan tempat tujuan.
  • Transportasi. Tentukan ingin menggunakan transportasi apa menuju dan selama di tempat liburan.
  • Akomodasi. Biaya hotel berbeda dengan hostel sehingga perlu tahu seberapa besar yang dapat dialokasikan untuk penginapan.
  • Makan. Untuk pecinta kuliner wajib mencicipi makanan khas tempat wisata namun terkadang harganya pun cukup menguras kantong.
  • Acara selama di tempat liburan. Ada harga tiket masuk ke dalam tempat wisata yang dituju.

Setelah menetapkan hal-hal diatas maka dapat dihitung berapa dana yang akan dikeluarkan. Setelah terkumpul 30-40% dari perkiraan dana liburan, hal paling awal bisa dilakukan adalah pesan tiket menuju tempat liburan dan penginapan karena semakin awal dipesan, harga yang didapatkan akan semakin murah.

Dengan merencanakan tujuan liburan,  Anda akan pulang liburan dengan hati senang dan fresh karena dana yang digunakan memang ada dan bukan hasil dari berhutang  :)

Kemana tujuan liburanmu yang akan datang? Rencanakan dari sekarang :)

Ratna Wulan|Sales Department|@ratna_wulz

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch