Planner Blog, PLANNERS BLOG

Bonus Akhir Tahun

Tidak terasa, tahun 2012 akan segera berakhir. Ada 2 hal yang paling dinanti oleh para karyawan setelah 12 bulan bekerja serta memberikan hasil kerja yang terbaik untuk perusahaan yaitu bonus akhir tahun dan liburan.

Memasuki awal tahun selalu muncul semangat baru. Entah karena energi positif setelah liburan panjang atau memang ada sesuatu yang ditunggu-tunggu. Wajar rasanya bila seorang karyawan mengharapkan bonus karena selama setahun lalu sudah bekerja memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Namun, pemberian bonus sangat tergantung dari pencapaian perusahaan dan aturan mainnya.  Maka dari itu ada baiknya kita bijak dalam memanfaatkannya karena bonus akhir tahun bukanlah dana segar yang dapat digunakan sesuka hati atau dihambur-hamburkan. Lebih baik menganggarkan bonus akhir tahun untuk hal yang lebih penting, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan dalam pemanfaatan bonus akhir tahun.

Jumlah bonus akhir tahun

Anda perlu mengetahui berapa jumlah bonus akhir tahun yang akan diterima sehingga tujuan yang dibuat tidak melebihi jumlah bonus yang diperoleh. Jumlah bonus akhir tahun ini juga dapat Anda jadikan patokan dalam peningkatan produktifitas dalam bekerja. Kalau Anda belum merasa puas dengan apa yang didapatkan, maka perlu meningkatkan produktifitas dalam bekerja di tahun mendatang.

Tujuan Finansial

Pendapatan bulanan yang Anda dapatkan sudah memiliki alokasinya masing-masing. Oleh sebab itu, alokasikan bonus akhir tahun untuk melunasi hutang agar tidak terus menerus menumpuk. Bila sudah tidak ada hutang, ada baiknya mengalokasikannya untuk ditabung agar sewaktu-waktu dapat digunakan untuk keperluan dana darurat. Bila Anda sudah memiliki tujuan serta rencana keuangan, ada baiknya sebagian bonus disisihkan untuk dinvestasikan ke dalam produk keuangan yang sesuai dengan profil risiko Anda.

Selamat menikmati bonus tahunan Anda!

NITA | CRO | @nithnoththa

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch