Planner Blog, Research

Anak Kos Jakarta

BD1233-002

Macetnya Jakarta kadang menjadi alasan orang untuk indekos di wilayah dekat kantor. Berharap dengan jarak yang lebih dekat bisa menghemat waktu dan tenaga. Namun memutuskan untuk indekos atau tidak, ternyata sulit. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya masalah biaya.

Lain dulu lain sekarang. Saat kuliah dulu mungkin masih dibantu secara finansial oleh orangtua, sekarang seharusnya Anda punya tanggung jawab finansial terhadap diri sendiri terutama bila sudah berpenghasilan.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan untuk mulai hidup mandiri? Mari kita lihat beberapa hal di bawah ini:

  1. Biaya sewa. Ini sudah pasti jadi pertimbangan awal dan bisa jadi komponen biaya terbesar yang akan dikeluarkan. Harga sewa indekos di Jakarta berkisar antara Rp1juta–Rp2juta per bulan. Meskipun ada yang di bawah Rp1juta, biasanya lokasinya kurang strategis yang mengharuskan Anda untuk naik angkot dua sampai tiga kali.
  2. Makan. Ini kebutuhan utama. Jangan sampai karena ingin hemat, maka lapar ditahan yang justru menyebabkan sakityang pada akhirnya mengeluarkan banyak biaya untuk berobat. Belum lagi cemilan favorit yang harus tersedia di kamar indekos.
  3. Perlengkapan pribadi seperti sabun, pasta gigi, shampoo, dan lainnya. Kalau biasanya di rumah sudah disediakan, saat indekos, Anda harus membelinya sendiri bahkan sampai detergent  dan  pewangi pakaian untuk mencuci pakaian. Bila tidak mencuci sendiri berarti harus menyiapkan anggaran untuk laundry.

Beberapa tips yang bisa dilakukan sebelum memutuskan untuk indekos:

  1. Bikin daftar keuntungan dan kerugian indekos. Misalnya, keuntungan indekos menghemat energi bila rumah di Bogor namun  kerja di Jakarta. Kerugiannya, semua harus disediakan sendiri. Bila ternyata keuntungan indekos lebih banyak daripada kerugiannya, ya sudah, go ahead.
  2. Hitung. Karena lebih dekat, mungkin biaya transportasi akan lebih murah namun seperti yang sudah dibahas di atas, akan ada pengeluaran untuk membayar sewa indekos per bulan, makan sehari-hari, dan perlengkapan pribadi. Apakah pendapatan Anda mampu membiayai semua itu?
  3. Buat anggaran. Bila sudah memutuskan untuk indekos, Anda harus belajar untuk disiplin masalah uang. Buat anggaran setiap bulannya secara terperinci. Misalnya untuk makan dianggarkan Rp50ribu per hari, untuk groceries Rp100ribu per bulan, dan lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Intinya, selama biayanya terjangkau bagi Anda, tak masalah bila memang harus indekos.

Semoga bermanfaat.

Meta| Research| @rahmamieta

*artikel terkait bisa dibaca di sini

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch