Planner Blog, PLANNERS BLOG

Ayo Sekolah!

pic courtesy gettyimages

pic courtesy gettyimages

Coba sebutkan nama kampus atau sekolah yang pernah terlintas yang ada di luar negeri, pernah terbersit untuk kesana? Alasan ingin mendapatkan fasilitas yang terbaik dari sekolah di luar negeri mungkin merupakan harapan banyak orang atau bahkan sudah menjadi impian sejak kecil? atau mungkin ingin bisa mewujudkannya untuk anak Anda kelak suatu saat nanti.  Mari diwujudkan mimpinya, because GOALS are DREAM with DEADLINE.

Jika sekolah keluar menjadi bagian dalam tujuan finansial Anda, maka seharusnya menjabarkannya seberapa besar biaya dan  kapan semua itu akan terealisasi. Persiapkan diri secara matang selain dari sisi administrasi mulai dari TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Ingin  tinggal dimana, sama siapa serta akan menggunakan beasiswa atau tidak.

Sedikit informasi saja bahwa nilai yang di jadikan standar biasanya TOELF ITP 550, TOEFL IBT 90, IELTS 7,0.  Jadi , persiapkan diri atau anak kalian suatu saat nanti.

Pencapaian secara finansial merupakan bagian terpenting, karena bila tak ada uangnya tak akan berangkat kan? Bersyukur bila mampu mendapatkan beasiswa,  jadi biaya terasa sedikit lebih ringan tetapi jika tidak maka sangatlah disarankanmempersiapkan dananya sejak sekarang. Semakin panjang jangka waktu pencapaian maka semakin kecil jumlah dana yang bisa disisihkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Seperti contoh bila akan menyekolahkan anak yang saat ini berusia 5 tahun ke jenjang pendidikan S1 di Singapura saat berusia 17 tahun maka:

Lama Kuliah Biaya Hidup Bulanan Biaya Tahunan Total
3 Tahun SGD 705 SGD 34.900 1.066.656.000
Nilai Sekarang Nilai Nanti (inflasi 7,5% 12 tahun yad) Menabung/bulan Investasi /bulan (return 25% p.a)
1.066.656.000 2.540.539.500 17.642.635 2.864.701

Kuliah selama 3 tahun di negara tetangga memang membutuhkan banyak biaya. living cost dan tuition fee juga harus diperhitungkan. Biayanya terlihat  besar karena memperhitungkan inflasi dana pendidikan rata-rata sebesar 7,5% per tahun untuk angka pendidikan di luar negeri (lihat tabel diatas).

Cara untuk mencapainya adalah selain menabung atau bisa masuk ke dalam produk investasi lain yang memberikan return 25% per tahun, saat menabung tidak lagi mungkin untuk dilakukan maka investasi menjadi pilihan yang terbaik.

Pilihan investasi bisa bermacam-macam, pastikan produknya bisa sesuai dengan target yang  diharapkan. Mari berhitung, apakah kita bisa dan mampu mewujudkan mimpi memberikan pendidikan terbaik bagi diri kita atau pun anak-anak suatu saat nanti. 

Always Happy Investing !! 

Yudit Yunanto|Planner| @yudityunanto

artikel terkait bisa dibaca di sini

 

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch