Liputan

5 Trik Menawar Harga

stock-photo-istanbul-may-tourists-visiting-the-grand-bazaar-on-may-in-istanbul-turkey-the-143985124

Siapa yang tak suka berbelanja?

Pasti semua suka yang namanya belanja, mulai dari makanan, pakaian, sepatu, gadget sampai pernak perniknya. Mulai dari tua, muda, remaja, pria maupun perempuan pasti suka berbelanja.

Berbelanja bisa di mana saja, mulai dari pasar, mal, bazaar sampai yang sedang marak sekarang ini yaitu belanja online.

Dengan berkembangnya teknologi maka akan mempengaruhi cara dalam berbelanja. Namun yang selalu sama hanya satu yaitu sebelum membeli barang harus bisa menawarnya. Anda juga harus bisa melihat tempat apabila hendak menawar suatu barang yang akan dibeli, jangan sampai ketika berbelanja di mal atau supermarket ditawar juga harganya :D

Lain halnya bila berbelanja di pasar, semua barang jarang sekali yang ada label harganya atau mungkin malah tidak ada. Jadi sudah pasti Anda harus menawarnya sebelum membeli sampai menemukan harga yang cocok untuk barang yang akan dibeli.

Tak hanya saat berbelanja di Indonesia menawar harga barang yang akan dibeli, di luar negeri pun Anda bisa melakukannya misalnya ketika hendak membeli oleh-oleh yang menjadi cirri khas untuk diberikan kepada kerabat dekat. Dengan menawar harga barang yang hendak dibeli, tentu akan membuat acara berbelanja Anda semakin menarik.

Setiap pedagang pasti ingin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dalam menjual barang dagangannya, sehingga Anda sebagai pembeli harus pintar-pintar dalam menawar barang yang akan dibeli.

Sebelum menawar ada baiknya Anda mengetahui harga pasar barang yang akan dibeli, apalagi bila sudah pernah membeli barang tersebut misalnya saat mau membeli jilbab, beberapa pedagang akan memberikan harga di awal dengan harga tinggi padahal tidak semahal yang ditawarkan. Bila sudah pernah membeli sebelumnya pasti Anda sudah tahu harganya dan dapat membeli dengan harga yang pantas.

Berikut ini beberapa tips menawar ketika akan berbelanja :
1. Cek kondisi barang yang akan dibeli
Perhatikan kondisi, ketahanan atau kekuatan barang tersebut jangan sampai menyesal setelah membelinya.
2. Bandingkan harga dengan pedagang lain.
Untuk masalah harga, biasakan apabila berbelanja jangan hanya terpaku pada satu tempat etapi bandingkanlah dengan beberapa toko lain sampai menemukan harga yang pas sesuai barang yang akan dibeli.
3. Jual mahal. Bersikap seolah-olah Anda tidak begitu membutuhkan barang yang akan dibeli.
4. Mencoba akrab dengan pedagang
Ajaklah pedagang untuk berbicara ketika hendak membeli suatu barang, selingi dengan canda agar proses tawar menawar tidak terasa kaku.
5. Mengalihkan perhatian dengan produk lain
Apabila proses tawar menawar menjadi semakin sulit, ada baiknya mengalihkan perhatian Anda dengan produk lain yang hampir sama dengan produk yang diinginkan tetapi dengan harga yang lebih murah.

Begitulah sedikit tips dalam tawar menawar apabila hendak berbelanja, semoga bermanfaat dan silahkan dicoba :)

Dian Sagita| CRO| @dianSanggraeni

*artikel terkait bisa dibaca di sini

TOPICS


Satu tanggapan untuk “5 Trik Menawar Harga”

  1. rizal fatahillah berkata:

    artikelnya unik nih :D
    semoga bisa saya coba :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch