Liputan

Kenalkan hobi kepada anak (tak) harus mahal

foto2

Saya percaya setiap anak terlahir  jenius dan memiliki bakat kreatif. Tugas kita sebagai orangtua adalah mengasah kejeniusan anak dengan menggali idenya dan mengembangkan imajinasinya sehingga dapat membuahkan aneka kreativitas. Hal ini bisa dilakukan dengan mulai mengenalkan hobi pada anak sejak dini.

Mengenalkan hobi pada anak tidak harus dengan biaya mahal. Cukup memancingnya dengan hal sederhana saja. Jika mereka suka pasti akan berkembang dengan sendirinya. Kursus, les ini itu dan sebagainya boleh saja asal orangtua memiliki anggarannya dan sesuai dengan hobi anak, bukan karena atas dasar keinginan Anda pribadi semata.

Berikut ini beberapa tips mengenalkan hobi murah meriah kepada anak:

1.       Membuat jadwal olahraga bersama anggota keluarga

Mengenalkan olahraga sedini mungkin pada anak dapat memupuk kesadaran pentingnya menjaga kebugaran tubuh. Banyak pilihan olahraga yang dapat menjadi hobi murah meriah, misalnya bersepeda, bulutangkis, berenang, senam, dan sebagainya. Biarkan anak memilih sendiri olahraga apa yang paling disukainya. Selain anak dapat menemukan hobinya, jalinan diantara keluarga pun akan semakin erat.

2.       Mengajak anak mengunjungi pameran

Biarkan anak bertanya sepuasnya tentang objek pameran yang sedang dikunjungi. Naluri anak-anak adalah ingin tahu. Apabila tertarik dengan objek pameran yang pernah dikunjunginya biasanya mereka akan penasaran dan terus menggali informasi sehingga dapat merangsang ide kreatifnya dan pada akhirnya tertuang menjadi sebuah hobi.

3.       Melibatkan anak dalam kegiatan rumah tangga

Memasak, mencuci kendaraan, mendekorasi ruangan, merawat taman, merupakan sebagian kecil kegiatan rumah tangga yang cukup menarik perhatian anak. Biarkan mereka terlibat dalam kegiatan ini. Mungkin Anda akan sedikit repot dengan bantuan mereka tapi kepercayaan yang diberikan kepada anak akan menambah rasa percaya dirinya. Ibu mungkin bisa mengenalkan cara merawat tanaman atau Ayah dapat mengajarkan cara merawat kendaraan. Hal sederhana ini selanjutnya bisa saja menjadi pilihan hobi murah meriah bagi anak.

4.       Liburan Keluarga

Anda dapat mengenalkan hobi berlibur pada anak secara murah meriah yaitu dengan melibatkan mereka dalam diskusi rencana liburan keluarga. Ajak anak untuk menentukan tujuan wisata dan cari bersama beberapa tempat wisata. Jika usia anak sudah memungkinkan, mereka dapat diajak berdiskusi dalam pemilihan transportasi dan penginapan yang diinginkan, menghitung anggaran, serta membuat daftar barang yang perlu dipersiapkan saat berlibur.

5.       Acara Keluarga

Selain mempererat hubungan, acara keluarga yang diadakan sederhana tapi rutin merupakan salah satu cara jitu mengenalkan hobi murah meriah kepada anak, misalnya saja karaoke bersama di rumah, bermain musik, bermain scrabble, bermain catur, atau nonton pertandingan bola di TV bersama keluarga di rumah.

6.       Aneka Permainan

Banyak sekali aneka permainan yang dapat menggali hobi anak. Menemani anak bermain, terlibat dengan permainan dan imajinasinya, serta komunikasi yang baik dapat membantu kita dalam mengenalkan hobi murah meriah kepada anak.

Anak-anak adalah manusia yang paling jujur, seharusnya menjadi lebih mudah menggali apa yang menjadi minat mereka. Anda hanya perlu meluangkan waktu yang lebih dalam memperhatikan dan berdiskusi dengan anak serta mengenalkan hal-hal baru kepadanya.

Yuk, mulai mengenalkan hobi sejak dini pada anak untuk memupuk Indonesia yang kreatif :)

Shinta |CRO| @indyb0b

 

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


3 tanggapan untuk “Kenalkan hobi kepada anak (tak) harus mahal”

  1. Sounds Of Cantata berkata:

    Tq infonya, sangat bermanfaat :) Hobi adalah salah satu kesukaan anak. Ayo kita kembangkan hobi mereka. Salam dari Sound Of Cantata | Les Musik Jakarta Barat. Tlp: 021-58900691 | WA: 089613772741 https://www.facebook.com/sounds.cantata/?fref=ts

  2. elruadi berkata:

    bagaimana mengenalkan anak untuk menghargai mainan terutama yg agak mahal, sepertinya anak belum tau mahal dan murah, sehingga mainanmya sembarangan saja di letakkan di tinggal di tempat bermain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch