Liputan

5 Tips Berlibur

borobudur park

 

Holiday, Travelling? Siapa yang tidak senang mendengar dua kata tersebut. Kedua kata tersebut tampaknya sudah menjadi hal wajib bagi warga kota besar yang harus berhadapan dengan rutinitas sehari-hari dan lelah terhadap kemacetan. Ya, berlibur memang suatu hal yang dirasakan penting saat ini, karena dapat menyegarkan pikiran agar lebih bersemangat  untuk kembali kepada kegiatan sehari-hari.

Dalam artikel kali ini, saya ingin memberikan tips bagaimana kita dapat berlibur dengan menekan anggaran. Tips-tips tersebut antara lain:

  1. 1.       Membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari atau ketika ada harga promo

Tiket yang dibeli  jauh hari dapat memberikan harga yang lebih murah, dibandingkan membeli tiket mendekati hari H bepergian. Karena biasanya, maskapai penerbangan akan memberikan harga promo terlebih dahulu untuk jadwal keberangkatan beberapa bulan mendatang.

  1. 2.       Hadiri travel expo

Dalam travel expo bisanya travel agent akan memberikan harga paket tur yang lebih murah dibandingkan membeli  di luar waktu pameran. Pilihlah penawaran paket hemat liburan dari travel agency yang terpercaya. Terkadang Anda mendapatkan paket liburan dari pesawat, hotel, hingga paket tur dengan harga miring.

  1. 3.       Bepergian saat low season

Bepergian saat low season (bukan saat liburan sekolah anak, waktu hari raya atau tahun baru) dapat memberi kelebihan tersendiri bagi yang ingin pergi liburan. Pertama, tempat tujuan lebih biasanya lebih sepi, lebih bersih juga harga tiket pesawat dan penginapan biasanya lebih murah. Biaya bepergian ketika low season dapat menghemat anggaran hingga 70% dibandingkan ketika high season.

  1. 4.      Rajin browsing untuk tiket promo dan paket hemat

Dalam waktu tertentu seperti di awal tahun biasanya banyak maskapai penerbangan yang memberikan tiket promo untuk bepergian atau menjual harga paket tur yang lebih murah.

  1. 5.     Mencoba travelling ala Backpaker

Travelling ala backpacker ini maksudnya adalah Anda melakukan travelling sendiri dalam melakukan jelajah kota, memakai transportasi umum, menginap di penginapan dekat perumahan masyarakat lokal tempat yang dikunjungi. Keuntungan yang didapat selain lebih hemat, Anda juga dapat lebih membaur dengan masyarakat setempat.

Selain melakukan tips-tips untuk travelling di atas, sebaiknya Anda juga membuat perincian dan perhitungan target tempat liburan apa yang diinginkan, berapa transportasi, akomodasi, makan, jalan-jalan dan oleh-oleh.

Setelah  membuat perhitungan tersebut, Anda dapat menyisihkan dari penghasilan setiap bulannya ke rekening yang disiapkan untuk liburan. Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyisihkan dari penghasilan tahunan seperti bonus atau THR untuk anggaran liburan ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan, liburan ke luar kota atau luar negeri memang sesuatu yang sangat menarik, namun jangan sampai berlibur dengan memakai dana darurat atau meminjam dana pendidikan anak dan dana pensiun. Andaikan kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk berlibur saat ini, Anda dapat berlibur bersama keluarga dengan berwisata di dalam kota seperti mengunjungi museum, taman-taman kota, dan lainnya.

Berliburlah sesuai anggaran yang tidak membuat Anda akhirnya menjadi pusing tujuh keliling karena harus membayar cicilan utang untuk biaya liburan.

Demikian tips travelling dari saya, semoga bermanfaat dan mari berlibur yang membuat pikiran dan hati kita tenang.

 

Happy Holiday and Travelling !!! :-)

Julfitri Dwi Handayani | Sales Officer | @julfitridwi

 

*artikel terkait dapat dibaca di sini

 

TOPICS


Satu tanggapan untuk “5 Tips Berlibur”

  1. […] *artikel terkait dapat dibaca di sini […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch