Planner Blog

Dosa Si Lajang

pic from gettyimages

pic from gettyimages

Masa single buat saya adalah masa foya-foya. Gaji lumayan, belum ada tanggungan atau cicilan. Buat para single di luar sana.. Apa ya kira-kira dosa keuangan para single ini…

Apa kalian punya salah satunya seperti di bawah ini?

Punya Hutang Kartu Kredit

Dulu buat saya punya kartu kredit itu gaya, tidak perlu bayar cash. Apalagi kalau kartunya Gold :D Untungnya oleh ayah, saya selalu diajarkan membayar kartu kredit harus selalu lunas, jangan dicicil. Jadi dipakai seperlunya saja. Tapi saya yakin banyak teman-teman yang membayar kartu kredit dengan minimum payment. Dengan bunga pinjaman yang lumayan tinggi, dan pemakaian terus menerus, tanpa disadari hutang semakin besar.

Tidak punya tabungan

“Tabungan? Buat apa, kan sudah susah-susah kerja, kalau tidak dinikmati buat apa kita kerja”. Menikmati hidup boleh-boleh saja selama uangnya ada, dan kalian tidak perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tapi kalau suatu saat ada kebutuhan mendadak, akan diambil dari mana nih uangnya? Jadi pastikan minimal ada Dana Darurat yang bisa digunakan sewaktu-waktu ya!

Hobi itu nomor satu

Boleh saja punya hobi, selama anggarannya ada dan tidak mengganggu pos pengeluaran lainnya. Berhutang untuk hobi? Aduh jangan sampai ya! Lebih baik lagi kalau hobinya bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

Tidak punya tujuan keuangan

Ini adalah kesalahan yang selalu terjadi. Sudah punya tabungan atau aset investasi, tapi tidak tahu akan dipakai untuk tujuan apa. Akibatnya dana ini kadang-kadang suka disabotase untuk liburan atau belanja :D Kalau kita sudah punya tujuan keuangan, menabung atau berinvestasi akan lebih terarah.

Punya polis asuransi tanpa tahu isi dan tujuannya untuk apa

Kalau ditanya asuransi sudah ada? Sudah dong.. Tapi apa sudah sesuai dengan kebutuhan? Harus dicek lagi ya.. Karena jangan sampai memiliki asuransi tapi tidak sesuai dengan tujuan awalnya, misalnya untuk asuransi kesehatan tapi hanya meng-cover kamar kelas 2 padahal Anda hanya mau dirawat di kelas 1. Jadi Anda harus menombok. Atau punya asuransi jiwa tapi sebetulnya tidak memiliki tanggungan.

Tidak membayar zakat atau sedekah

Membayar zakat wajib hukumnya di agama Islam sedangkan sedekah sunnah. Dengan zakat ataupun sedekah selain membersihkan harta, juga berbagi kepada orang yang lebih membutuhkan.

Itu beberapa dosa keuangan para single menurut saya.

Lalu apa sebaiknya yang harus dilakukan untuk menghapus dosa-dosa di atas?

Langkah pertama bila memiliki utang, terutama kartu kredit, segera lunasi! Pengeluaran bulanan akan terus terbebani apabila Anda masih mencicil untuk membayar utang kartu kredit. Kalau sudah memiliki aset investasi atau tabungan, sebaiknya digunakan untuk membayar lunas utangnya dulu ya.

Tentukan tujuan keuangan, yang pertama harus dipersiapkan tentunya Dana Darurat, tidak perlu terlalu besar, cukup 4 kali pengeluaran bulanan saja untuk para single. Selain itu tentukan tujuan lainnya juga. Misalnya Dana Pensiun, liburan, belanja, rumah, dan lainnya.

Tentukan jangka waktu kapan tujuan keuangan itu ingin dicapai, berapa besar dana yang dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan datang. Kemudian pilih produk keuangan yang sesuai untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Bayar zakat dan sedekah ya :)

Tentunya tidak akan mudah menjalani langkah-langkah di atas, tapi semakin cepat dimulai, akan mudah mencapai tujuan keuangan kita.

Semangat!

Aulia Isti|Deputy Financial Planner|@auliaisti

*artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch