Liputan

6 Tips Berburu Great Sale

132284966

Sebagai wanita tentu kita ingin terlihat cantik dan menarik. Nah, untuk menjadi cantik dan menarik tentunya membutuhkan modal. Terkadang kita bisa menghabiskan lima puluh persen dari total penghasilan untuk perawatan tubuh dan berbelanja. Apalagi jika ada event Great Sale, tidak sedikit para wanita yang rela menghabiskan waktu dan uangnya di event ini. Siapa yang tidak mau punya barang bagus dan bermerek dengan harga miring? Apalagi bagi mereka yang sangat senang berbelanja, sampai-sampai belanja disebut sebagai hobi. Biasanya, hal ini dilakukan tanpa perencanaan, keinginan yang sangat besar untuk membeli barang tersebut timbul hanya karena melihat harganya yang sedang diskon.

Tidak jarang penyesalan pun muncul kemudian ketika kita sudah bisa berpikir normal kembali. Kenapa kita bisa menghabiskan uang untuk beli ini atau itu yang ternyata tidak bermanfaat? Atau ada juga yang baru sadar setelah melihat deretan baju yang belum pernah dipakai di lemari, sepatu dan tas yang masih tersimpan di rak atau perlengkapan dapur yang masih dibungkus dalam kardus dan hanya dipakai sesekali saja.

Tidak akan mejadi masalah besar jika kita mempunyai dana lebih untuk hobi yang satu ini. Tapi, apa yang akan terjadi jika semua itu kita dapatkan dengan cara berutang. Apalagi bila utang itu menggunung sehingga akhirnya tidak mampu lagi untuk dibayarkan.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips untuk kalian yang mempunyai hobi berbelanja dan berburu great sale, antara lain :

  1. 1.       Lihat kondisi keuangan

Apakah keuangan cukup untuk berbelanja barang great sale diluar kebutuhan primer kita.

  1. 2.       Menyusun budget

Susun budget sejak awal sesuai dengan sale yang diincar, sisihkanlah sekitar 10%-15% dari penghasilan setiap bulan untuk ditabung kedalam rekening belanja hura-hura.

  1. 3.       Ubah pola pikir

Jangan mengejar sale hanya karena  barang tersebut sedang diskon. Meski harganya murah, namun jika dilakukan berulang-ulang, tetap saja dapat “menipiskan kantong”.

  1. 4.       Lihat kebutuhan

Sale perlu dikunjungi apabila memang ada kebutuhan untuk membeli suatu barang. Jika tidak dan kita tetap datang, maka kita akan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Akibatnya, akan boros.

  1. 5.       Buat perincian barang yang akan dibelajakan dan dimana tempatnya.

Atur sejak awal kita ingin belanja apa? Kapan? dan di mana? Agar kita fokus belanja ke satu tempat saja dan tidak membuang banyak waktu

  1. 6.       Bawa uang tunai secukupnya

Pergi berbelanja dengan hanya membawa uang tunai sebesar barang yang ingin dibeli. Jangan membawa uang lebih, jangan membawa kartu debit apalagi membawa kartu kredit, karena ini akan membuat kita belanja lebih banyak lagi barang yang tidak dibutuhkan.

Nita | CRO | @nithnoththa

*Artikel terkait dapat dibaca di sini

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch