Articles, Practical Tips

5 Hal yang Dilakukan Entrepreneur Agar Selalu Produktif

Mungkin ada di antara Anda yang sedang mencapai titik jenuh membangun bisnis sendiri. Padahal FOKUS adalah salah satu kunci untuk terus maju dan berkembang. Saat energi sedang rendah mungkin saja Anda kelelahan.

Sebagai entrepreneur kita butuh diingatkan tentang cara kerja yang produktif.

Beberapa minggu lalu saya menemukan artikel menarik di Entrepreneurs.com. Saya sangat menyukai artikel ini dan merasa banyak sekali manfaat yang bisa saya langsung praktekkan.

Silakan klik tautan berikut untuk membaca versi aslinya.

5 Things Productive Entrepreneurs Do Each Day http://entm.ag/Sby2S6/

Artikel ini mengajak Entrepreneurs untuk memperhatikan 5 hal agar selalu produktif:

  • Establish a routine
  • Exercise and meditate
  • Check your progress
  • Spend quality time with family and recharge
  • Plan tomorrow tonight

Sahabat saya, penulis / entrepreneur Ollie a href=”http://twitter.com/salsabeela”@salsabeela/a pernah memberikan nasehat yang sangat penting : “Do not manage your time. Instead, manage your energy!”

Artikel dari Entrepreneurs.com ini sebetulnya sedang mengajak kita untuk mengatur energi. Poin pertama, ketiga dan kelima bisa diimplementasikan dengan membuat jadwal rutin. Bentuk dulu sebuah rutinitas agar terjadi pola saat bekerja. Pola ini membantu kita supaya fokus. Misalnya dengan menentukan hari apa untuk urusan Marketing, hari apa untuk urusan Produksi dan seterusnya. Kita juga bisa membagi berdasarkan fungsi : operasional, managerial atau strategis. Ini tergantung dari besarnya usaha Anda. Untuk usaha kecil para pemilik bisnis kemungkinan besar masih terlibat sangat besar pada sisi operasional sehingga perlu belajar mendelegasikan tugas dan lebih berkonsentrasi di sisi strategis. Mengecek progres bisa juga dilakukan dengan memperhatikan seberapa banyak kita melakukan deviasi dari jadwal yang sudah ditentukan. Coba deh, saya merasa lebih fokus bekerja jika saya kembali mengecek jadwal dan memperhatikan mana saja pekerjaan yang sudah tertinggal.

Poin kedua dan keempat tentu saja tentang energi itu sendiri. Buat apa lelah bekerja kalau tidak merasakan hidup senang dan bisa bertemu dengan orang-orang yang kita cintai. Olah raga dan meditasi (ini bisa diartikan juga dengan sesi khusyu beribadah atau menyempatkan diri untuk menyendiri tanpa gangguan) juga merupakan bagian penting dari upaya kita agar lebih fokus.

Terakhir. Coba tips praktis ini dari seorang business coach.

Buat jadwal di hari Senin pagi – untuk plot semua plan atau rencana kerja selama 1 minggu.
Setiap hari selama 1 minggu, di akhir hari, buat lah jadwal actual yang sudah terjadi. Dengan begitu Anda bisa melihat pekerjaan mana yang terlaksana sesuai jadwal dan mana yang gagal dan harus dijadwalkan kembali.
Kemudian beri komentar, mana bagian pekerjaan yang seharusnya tidak ditunda, apa kendala hingga pekerjaan tidak selesai juga bagaimana perasaan Anda saat melakukan masing-masing pekerjaan tersebut – ini adalah proses refleksi pada diri dan hasil kerja kita sendiri.

Saya menyebut ini Weekly Work Plan. Kegiatan ini juga saya ajak lakukan bersama semua staff di QM Financial. Dengan demikian saya juga bisa mengetahui seperti apa load kerja dan cara setiap staff melakukan refleksi pada hasil kerjanya.

Semoga bermanfaat!

Ligwina Hananto
@mrshananto / CEO / QM Planner


Satu tanggapan untuk “5 Hal yang Dilakukan Entrepreneur Agar Selalu Produktif”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch