Ask QM Planner, PLANNERS BLOG

Bagaimana Mengatur BONUS Tahunan?

Bagi yang bekerja di perusahaan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah BONUS tahunan. BONUS biasanya hadir karena adanya laba yang diterima perusahaan. Perusahaan memberikan prosentase tertentu dari laba bersihnya sebagai bonus bagi karyawan. Pembagiannya tergantung seberapa besar kontribusi karyawan terhadap perusahaan.

Bagaimana sebaiknya mengatur BONUS Tahunan ini?

  1. Biaya Tahunan
    Pertama sebaiknya diperuntukkan bagi pengeluaran tahunan. Perhatikan estimasi jumlah bonus yang akan diterima sehingga nanti dapat melakukan penyesuaian dengan anggaran pengeluaran tahunan.Buat daftar pengeluaran tahunan.

    • Utang
    • Zakat
    • Premi asuransi
    • Biaya sekolah anak
    • Hari Raya / Qurban
    • Biaya-biaya seperti STNK, dll
  1. Prioritas Tujuan Finansial
    Alokasi berikutnya untuk tujuan finansial. Dalam membuat Plan seringkali ada alokasi untuk menambah dana darurat, dana pendidikan anak atau bahkan untuk DP properti. Biasanya ini sering sebagai alokasi untuk tujuan finansial jangka pendek di bawah 3 tahun. Produk pilihan bisa bervariasi. Namun jika jangka waktu pendek sebaiknya hanya menggunakan produk dengan likuiditas tinggi dan risiko rendah. Hindari spekulasi.
  2. Hadiah untuk Diri Sendiri
    Jangan lupa alokasikan hadiah untuk diri sendiri. Maksimal 20% dari BONUS dapat dipakai untuk bersenang-senang. Berlibur, shopping atau membayarkan membership suatu kegiatan/ klub yang Anda sukai. Bonus ini kan hasil dari kerja keras, jadi Anda juga berhak mendapatkan hadiah yang setimpal.

 

Semoga Anda sudah terpikir mengalokasikan bonus tahunan.

Jangan lupa untuk ngobrol dengan QMPlanner agar mengerti alasan dari pilihan-pilihan yang Anda akan ambil bersama Bonus itu.

Manfaatkan dengan bijak, ya!

 

 

Wulan |@pwulandr | QMPlanner

 

 


AskQMPlanner. Segmen ini adalah segmen khusus di mana QMPlanner akan menjelaskan sebuah topik yang biasa dihadapi saat berdiskusi dengan klien di QM Financial. Anda juga bisa berpartisipasi dengan mengajukan pertanyaan melalui info@qmfinancial.com, subject: Ask QMPlanner.

QMPlanner akan memilih 2 pertanyaan setiap bulan untuk dijawab dalam segmen ini. Mohon maaf jika tidak semua pertanyaan dapat kami jawab.


Satu tanggapan untuk “Bagaimana Mengatur BONUS Tahunan?”

  1. […] Ya dengan menabung dulu saja. Bisa dari menyisihkan setiap bulan atau dari bonus dan THR setiap tahun! (Baca tentang Mengatur BONUS Tahunan). […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial adalah sebuah perusahaan perencana keuangan independen yang terus berkembang. Jika Anda memiliki passion dalam perencanaan keuangan, Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch