Articles, Practical Tips

Tips Hemat ala Ibu Muda Masa Kini

Jika Anda mengaku Ibu-ibu muda yang kekinian, yuk berbagi tips hemat ala masa kini (yang tidak mungkin dilakukan ibu-ibu kita bertahun-tahun yang lalu). Silakan ungkapkan tips Anda di comment box atau di Twitter/Facebook kami, ya!

Nah, sebagai pengantar, berikut salah satu cerita tips hemat kekinian versi saya, baik dari pengalaman sendiri, maupun dari cerita teman-teman.

Ikut forum berbagi online (misalnya: Female Daily atau The Urban Mama). Selain bisa bertukar informasi di forum tersebut, seringkali Anda juga bisa terlibat aktif bergabung dengan Birth Club (ibu-ibu yang anaknya lahir di bulan dan tahun yang sama) melalui group chatting di luar forum, sehingga intensitas berbagi bisa lebih tinggi.

Contoh Online Forum

Contoh Online Forums yang Dapat Diikuti

Untungnya apa sih, ikut forum seperti itu – kalau dari segi finansial? Banyakkkk…

Misalnya, di group chatting yang saya ikuti, ada teman yang rajin berbagi informasi promo harga spesial setiap akhir pekan di berbagai swalayan atau promo voucher online. Hasilnya, belanja mingguan dan bulanan bisa lebih hemat.

Ada pula teman-teman yang memiliki toko online atau jadi anggota MLM produk tertentu (beauty care, storage, essential oils, produk herbal, dan lainnya). Karena hubungan yang baik di antara kami, tak jarang ada tawaran harga super spesial atau info promo duluan! Yayy! Menyenangkan, bukan?

Bahkan ada beberapa teman yang berkenalan di forum seperti ini, lalu merasa cocok dan akhirnya membuat bisnis bersama, atau sekadar menjadi reseller dari teman yang punya usaha produksi produk tertentu. Selain teman-teman baru, ada juga alternatif penghasilan tambahan, deh!

Jika ada beberapa anak yang ulang tahunnya berdekatan, beberapa ibu memutuskan untuk merayakannya dengan berkumpul bersama sekalian temu kangen. Merayakan ulang tahun bersama tentunya bisa jadi alternatif yang lebih hemat, tapi keseruannya tetap maksimal!

Kopdar dan Perayaan Ultah Bersama yang Berawal dari Forum Online dan Whatsapp

Kopdar dan Perayaan Ultah Bersama yang Berawal dari Forum Online dan Whatsapp

Banyak juga teman yang sering berbagi review produk, dari alat rumah tangga, make up, perlengkapan bayi, dan lainnya. Berbagi informasi semacam ini sangat mempermudah saya ketika memerlukan produk tertentu. Selain mengetahui kualitas barang yang baik dari pengalaman teman-teman, seringkali saya juga mendapat informasi tempat pembelian dengan harga yang terbaik, atau barang second dengan harga murah. Tak jarang kami saling titip membeli, jika salah satu anggota forum bepergian ke suatu tempat, misalnya minyak tawon dari Makassar, atau barang-barang dari toko perlengkapan bayi yang murah, namun lokasinya cukup jauh. Selain memperoleh produk berkualitas dengan harga terjangkau, hemat waktu dan energi, tinggal duduk manis di rumah menanti kurir paket atau ojek datang, hehe…

Satu lagi, anggota di salah satu group chatting saya punya kelebihan yang berbeda-beda, jadi seru banget saat sharing tips dan trik. Misalnya, ada lho yang jadi lancar memberi ASI untuk anak kedua, akibat konsultasi intensif dengan teman satu group yang memang punya banyak tips jitu. Ada pula yang berbagi ilmu BLW (baby-led weaning), financial tips, cara membuat mainan DIY atau ide-ide aktivitas ala Montessori, hingga resep-resep masakan yang sudah teruji.

Wah, saya sudah ngalor ngidul panjang juga ternyata. Intinya sih, menurut saya bergabung di forum online lalu membentuk group chatting itu banyak untungnya! Negatifnya ada nggak? Well, ada juga sih, terlalu banyak info produk dan promosi kadang memang membuat gelap mata, haha.. Namanya juga ibu-ibu, kaann? Jadi, pintar-pintarnya kita saja ya, Moms, bagaimana bisa memanfaatkan forum tersebut dengan bijak :)

 

FDV Wulansari / QM Planner

Nah, bagaimana dengan Anda? Tips hemat apa yang bisa Anda bagi? Yuk, kami tunggu partisipasi Anda di Facebook ataupun Twitter QM Financial, untuk menambahkan tips-tips kekinian ala ibu-ibu muda masa kini.

 


 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang perencanaan keuangan dan konsultasi lebih lanjut, silakan email ke: info@qmfinancial.com atau hubungi kami melalui halaman Kontak.


 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch