#QMPlan, Practical Tips

5 Tips Asyik Online Shopping

Siapa yang nggak tahu tren online shopping? Rasanya nggak ada, ya!

Bukan hanya sekadar tren, namun sepertinya sudah menjadi bagian kehidupan kita. Apalagi sekarang ini, ketika kemacetan Jakarta semakin parah, bagi ibu bekerja seperti saya, online shopping adalah alternatif praktis untuk berbelanja.

 

Yuk, simak beberapa tips asyik online shopping dari pengalaman saya selama ini. Semoga bermanfaat, ya!

purchasing-689442_1920

1. Punya ‘Magical Shopping Account

Kamu yang sering membaca artikel di qmfinancial.com mungkin sudah tidak asing dengan istilah ‘magical shopping account’ ini. Sesuai namanya, rekening ini memang ditujukan untuk shopping. Sisihkan sebagian dari penghasilanmu setiap bulannya untuk masuk ke rekening ini. Nah, sepanjang uang di rekening ini tersedia, maka kamu boleh menghabiskannya! Asyik, kan?

Sstt.. ini adalah cara termudah untuk memastikan kamu tidak kebablasan berbelanja barang-barang yang kamu sukai, lho! Tahu sendiri, browsing di OL shop memang mengasyikkan, hehe.. Dengan memiliki ‘magical shopping account‘, hobi berbelanjamu tetap jalan, tetapi kondisi keuanganmu tetap aman :)

Sementara, kalau kamu berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, maka kamu bisa menggunakan budget pengeluaran rumah tangga.

2. Beli dari OL shop yang menjual khusus satu segmen

Cek apa yang kita butuhkan,  lalu coba cari OL shop yang khusus menjual barang di segmen tersebut. Contohnya, karena saya mempunyai seorang bayi, pampers menjadi kebutuhan wajib setiap bulannya. Menurut pengalaman saya, harga pampers yang paling ekonomis ada di website yang khusus menjual perlengkapan dan kebutuhan ibu dan anak, dibandingkan OL shop yang menyediakan berbagai variasi produk. Selisihnya lumayan lho, untuk saya yang setiap bulannya harus membeli 3-4 paket pampers!

3. Manfaatkan promo Kartu Kredit

Nggak ada salahnya memanfaatkan promo Kartu Kredit. Cek informasi promo yang kamu dapatkan dan bandingkan di beberapa OL shop. Selain diskon atau cashback, ada juga kartu kredit yang menawarkan cicilan 0% selama 6-12 bulan, yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli barang yang harganya cukup mahal, misalnya elektronik.

Jangan lupa untuk tetap memastikan bahwa OL shop yang kamu pilih harus tetap memiliki reputasi baik dan terpercaya, ya! Jangan gelap mata karena promo, lalu kamu asal saja memilih OL shop yang menawarkan harga termurah.

Oh ya, sisa dana yang bisa dihemat karena promo tersebut digunakan kembali untuk menabung, yaa.. Kalau kamu gunakan untuk berbelanja lagi, nggak jadi hemat dong namanya! Hehe..

4. Perhatikan Biaya Kirim Dari OL Shop

Ketika membandingkan harga barang, jangan lupa cek ketentuan biaya pengiriman. Ada OL shop yang memberlakukan ketentuan bebas ongkos kirim dengan minimum pembelian nominal tertentu. Nah, ini bisa kamu manfaatkan.

Demikian juga, kalau kamu menemukan harga murah dari OL shop yang berada di luar kota. Cek ongkos kirim ke kotamu. Bisa jadi, setelah ditambah ongkos kirim, jadi sama saja, atau malah lebih mahal daripada OL shop di kotamu.

5. Kualitas pelayanan (Customer Service) yang baik

Nah, ini adalah hal yang penting buat saya. Mulai dari keramahan pelayanan, ketentuan penukaran barang dan refund apabila barang yang dikirim bermasalah.

Saya pernah membeli sebuah tas untuk hadiah ulang tahun dengan harga yang cukup lumayan, tetapi ternyata, barang yang dikirimkan sangat berbeda dengan foto yang ditunjukkan di website OL shop tersebut. Tentunya, saya complain. Eh, di luar dugaan saya, ownernya malah marah, akhirnya uang saya terbuang percuma. Pengalaman ini membuat saya lebih berhati-hati berbelanja online.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu juga sering berbelanja online? Yuk, share tips-mu!

Hany Handayani / Sales and Project Officer / @julfitridwi

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch