#QMBisnis, Event Review

Kamu Punya Bisnis Online? Hati-Hati Dengan 4 Kesalahan Yang Sering Terjadi!

Banyak yang bilang, punya bisnis online itu gampang dan nggak repot. Bisnis online nggak perlu modal besar, cukup kemampuan mengambil angle foto dengan smartphone. Cekrak cekrek, upload foto di media sosialmu, beres deh!

Eits tunggu! Kalau kamu mau bisnis onlinemu berkembang, kamu harus bisa mengelola keuangan bisnismu dengan benar, lho!

Walaupun kelihatannya sederhana, hati-hati dengan 4 kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemilik online business ini.

calculator-1709909_1280

PertamaGak Bisa Mengelola Keuangan.

Gak bisa mengelola keuangan, lalu cuek gitu aja? Walaupun kamu cuma punya bisnis toko baju online, kamu harus bisa mengelola keuangan dengan benar. Contohnya, kamu harus menetapkan biaya produksi, biaya operasional dan biaya tetap lainnya yang dikeluarkan pada setiap bulannya. Justru ketika bisnismu mulai berjalan dan struktur biayanya masih relatif sederhana, hal ini akan lebih mudah dilakukan.

Kedua, Keuangan Pribadi dan Bisnis Masih Tercampur.

Duh, ini kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh pebisnis pemula! Bisnis adalah komitmen, lho! Untuk bisa melihat apakah bisnis yang kamu memiliki berjalan atau tidak, kamu harus memisahkan keuangan pribadi dan bisnis. Buat dua rekening berbeda, gunakan kemudahan teknologi seperti internet banking atau mobile banking untuk memudahkan kamu melihat transaksi uang keluar masuk dari bisnismu. Ini juga akan mempermudah pencatatan transaksi yang terjadi.

Ketiga, Gak Punya Laporan Keuangan.

Gak bisa bikinnya? Males? Ya nggak usah punya bisnis!

Kalau nggak bisa bikin laporan keuangan, setidaknya mulailah membuat catatan sederhana mengenai keluar masuknya uang bisnis di dalam buku kas. Catatan ini bisa digunakan untuk mengontrol lalu lintas keuangan bisnismu. Yang penting, jangan malas mencatat!

Kalau kamu sudah terbiasa mencatat, selanjutnya kamu bisa meningkatkan sistem administrasi bisnismu. Identifikasi biaya, persediaan barang, juga hutang piutang. Sekarang kan sudah era digital, manfaatkan sistem terkomputerisasi, atau download aplikasi laporan keuangan untuk memudahkanmu.

Keempat, Gak Punya Asuransi.

Semua orang tanpa kecuali, harus punya asuransi kesehatan. Mau itu karyawan, ibu rumah tangga, anak-anak atau pun seorang pebisnis. Asuransi kesehatan adalah proteksi dasar yang wajib dimiliki semua orang. Setidaknya kamu perlu punya BPJS kesehatan. Jangan melulu melihat kelemahan BPJS kesehatan aja, ternyata juga banyak lho kelebihannya.

BPJS Kesehatan berlaku untuk semua kalangan, punya akses perlindungan yang luas dari penyakit ringan hingga penyakit kritis sekalipun, asal kamu harus membayar iuran tepat waktu setiap bulannya.

Justru ketika kamu baru mulai berbisnis, komitmen untuk disiplin dalam perencanaan dan operasional bisnismu merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan bisnismu ke depan.

Nita Kurniawati/Client Relations Officer

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch