#QMPlan, Practical Tips

Liburan Seru? Ini 7 Tips Asyik Liburan dan Pulang Pantang Stres!

Pasti kamu suka pergi liburan. Melihat tempat baru, mengenal budaya lain, mencoba berbagai makanan sampai belanja-belanja, liburan masih merupakan salah satu cara ampuh melawan stres dan kejenuhan terhadap rutinitas.

Nah, karena itu.. nggak lucu banget kan, kalau setelah pulang berlibur, kamu malah semakin stres karena menghadapi tagihan menumpuk?

Belum lagi kalo kamu freelancer, pulang liburan malah sakit kecapekan dan nggak bisa beraktivitas dan bekerja normal. Keuangan bisa berantakan, lho!  Jadi jangan biarkan uang mengganggu liburanmu dengan tips-tips berikut!

  • Berliburlah jika mampu! Artinya, mampu beli tiket, mampu membayar akomodasi, mampu makan di tempat liburan, mampu berbelanja dan sederet mampu-mampu lainnya supaya liburan kamu asyik. Disiplin menyisihkan gaji setiap bulan untuk dana liburan, supaya kamu mampu liburan nyaman dan pulang tanpa stress.
  • Hindari liburan impulsif. Mendadak berlibur artinya nggak tersedia cukup waktu untuk membeli tiket atau hotel. Tahu kan, kalau pemesanan di detik-detik terakhir akan memakan porsi besar dari dana liburan kamu?
  • Pilih metode pembayaran yang efisien. Ini terutama berlaku kalau kamu pergi ke luar negeri. Jangan terjebak biaya yang berhubungan dengan nilai tukar. Jika menggunakan kartu kredit, jangan lupa menghubungi bank penerbit supaya kartu siap digunakan di tempat tujuan.
  • Jika kamu mengumumkan liburanmu di media sosialmu dan ada banyak orang yang menunggu oleh-oleh, buat daftarnya untuk menghindari panic shopping di bandara.
  • Anggarkan 2 hari ekstra untuk jatah harian berlibur, sekadar berjaga-jaga agar nggak kehabisan uang di akhir liburan. Gunakan kartu kredit hanya dalam keadaan darurat agar pengeluaranmu terkendali.
  • Kalau setiap pulang liburan kopermu beranak pinak, pastikan kamu memilih maskapai dengan jatah bagasi yang cukup banyak, agar tidak perlu membayar biaya kelebihan bagasi. Pastikan kamu packing dengan baik agar tersedia banyak tempat untuk belanjaan dan oleh-oleh liburanmu.
  • Terakhir namun yang paling penting, pastikan dana daruratmu siap menyambutmu kembali pulang dan membantumu menutup semua kelebihan tagihan liburan yang timbul di luar rencana. Setelah istirahat, periksa tagihan kartu kredit  dan segera lunasi pada waktunya.

sunglasses-384567_1920

Selamat liburan tanpa stres!

Yasmeen Danu CFP®/ QM Planner

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch