#QMPlan, Practical Tips

Perencanaan Keuangan Untuk Gen Y, Emang Perlu?

Apakah kalian lahir dalam kurun waktu tahun 1981–2000an ? Nah, jika ya, berarti kalian masuk dalam generasi dikenal dengan sebutan Generation Y. Generasi yang lebih modern dari generasi yang lahir sampai dengan akhir 1980an, atau yang lebih dikenal sebagai Generation X.

Generasi Y dikenal dengan ciri-ciri aktif, inovatif, multi-tasking, sadar akan teknologi dan terlebih lagi, mereka ini juga dikenal sebagai Consumerist Buyer. Gaya hidup konsumerisme inilah yang menjadi bayang-bayang bagi generasi muda produktif saat ini.

freedom-307791_1280

Generasi ini ada di sekitar kita, atau bahkan kita adalah bagian dari mereka. Seiring dengan usianya saat ini, generasi inilah yang sedang berada di usia produktif, berpendapatan baik, namun mahir juga menghambur-hamburkan duit.

Namun apakah mereka sudah terpikirkan untuk memiliki rencana keuangan yang baik?

Generasi yang aktif dan produktif ini yang mungkin akan terkena risiko terburuk sakit, hingga dirawat di Rumah Sakit atau terdiagnosa penyakit kritis. Hal ini bisa saja terjadi karena pola makan yang kurang baik, kurangnya istirahat dan beban stres pekerjaan.

Sebagai gambaran saja, penyakit kanker belakangan ini kerap terjadi di usia yang tidak lagi tergolong tua.Hal ini menandakan polanya sudah bergeser, siapa pun tidak bisa menghindar jika risiko sudah menghampiri.

Jadi untuk generasi Y, apakah saat ini perlu membuat perencanaan keuangan? Investasi dulu, atau Proteksi dulu? Karena kelamaan mikir, akhirnya gak dilakukan semuanya.

Idealnya, semuanya dilakukan bersamaan. Perencanaan keuangan pada dasarnya meliputi perencanaan investasi dan proteksi. Proteksi harus dimiliki setiap individu dan investasi menjadi kendaraan ideal untuk menghadapi inflasi dan mencapai tujuan keuangan.

Mana yang harus dilakukan sebagai prioritas saat ini ?

Investasi Dulu atau Proteksi Dulu ?

Solusinya ada di dirimu sendiri, lho! Sebelum itu, cek dulu situasi keuanganmu, untuk mengetahui apakah sudah siap untuk memiliki rencana keuangan? Cek kesehatan keuanganmu di http://plan.id yuk!

Mari bersama-sama menciptakan generasi golongan menengah yang kuat, generasi yang siap menjadi penerus masa depan perekonomian negara ini!

Happy Planning!

Yudit Yunanto / QM Planner


Artikel telah dimuat di Majalah Market+ Edisi Oktober

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch