Articles

3 Langkah Kelola Angpao Imlek

Ketika hari raya Imlek tiba, tentu saja yang paling ditunggu adalah tradisi pemberian angpao, yaitu amplop berwarna merah yang berisikan sejumlah uang. Angpao biasanya diberikan kepada mereka yang belum menikah.

Mereka yang sudah menikah memberikan angpao, perlambang kegembiraan dan nasib baik, karena dianggap telah mapan secara ekonomi.

Sedangkan bagi yang menerima angpao, harapannya agar dapat melewati satu tahun ke depan dengan aman tentram tanpa halangan berarti.

Nah, kalau harapannya sudah demikian baik, tentunya amplop angpao harus dikelola dengan benar dong, ya! Ini dia tipsnya!

1. Habiskan!

Lho, tadi katanya harus dikelola dengan benar, kok sekarang malah disuruh untuk dihabiskan? Iya, habiskan hanya 20% dari total jumlah angpao, jumlah yang dapat kamu belanjakan tanpa perlu berpikir panjang, hehe..

2. Donasikan.

Ingatlah untuk berbagi, terutama pada mereka yang kurang beruntung. Besarannya terserah kamu, bisa mulai dari 2,5 hingga 10%. Lebih banyak pun tak mengapa. Percaya deh, berbagi akan membuat kamu semakin bersyukur dan berbahagia!

3. Menabung dengan tujuan.

Mari rencanakan keuanganmu. Tentukan tujuan keuangan yang ingin kamu capai. Tujuan itu harus ada Judul + Nilai + Jangka Waktu.

Tujuan keuanganmu bisa beragam, mulai dari yang sederhana dan fun, seperti Dana Liburan Korea 2018, Dana Ganti Gadget 2019, hingga yang lebih serius seperti Dana Menikah 2020, atau DP rumah 2021.

Dengan adanya tujuan keuangan yang jelas, kamu akan terhindar dari keinginan menyabotase rekeningmu sendiri. Sayang kan, kalau rencana liburan harus tertunda entah sampai kapan kalau kamu menyabotase rekeningmu?

Nah, alokasikan bagian terbesar angpao, sekitar 70% untuk menambah investasi untuk mencapai tujuan keuanganmu.

Selamat berburu angpao dan silakan langsung dipraktekkan tipsnya, ya!


Kalau kamu punya cerita tentang angpao, jangan segan-segan berbagi cerita ya! Tweet ke @QM_Financial atau tinggalkan komentarmu di artikel ini.

Honey Josep / Social Media

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

Berkarir bersama QM

QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

Keep in Touch