#QMPlan, Ask QM Planner, Practical Tips

#AskQMPlanner: Apa itu January Effect?

Selamat datang 2017!

Biasanya, orang menyambut tahun baru dengan membuat berbagai resolusi, salah satunya adalah resolusi keuangan. Euforia tahun baru dan semangat baru ini juga mempengaruhi bursa, lho. Hal ini dikenal sebagai January Effect, yaitu kecenderungan naiknya harga saham pada bulan Januari.

Kenaikan musiman ini diantaranya disebabkan oleh para investor menjual saham yang kinerjanya kurang baik pada bulan Desember untuk mendapatkan keuntungan pajak. Selain itu, dibagikannya bonus tahunan pada bulan Januari juga menyebabkan meningkatnya aliran dana masuk ke dalam bursa saham, yang ikut berkontribusi terhadap kenaikan harga saham.

Walaupun January Effect ini mulai dikenali sejak tahun 1942 di Amerika Serikat, tidak ada jaminan bahwa pasti akan terjadi setiap tahun karena banyak faktor yang berpengaruh. Di Indonesia sendiri, dalam periode 2006 sampai 2016, January Effect ini tidak selalu terjadi seperti dapat dilihat pada chart yang diambil dari Yahoo!Finance berikut:

Pada bulan Januari 2006, 2007, 2009 dan 2010, IHSG malah mengalami penurunan. Namun pada bulan Januari 2011, 2012 sampai 2016, January Effect ini memang terjadi di Indonesia.

Bagaimana dengan Januari 2017 ini?

Jika kamu bingung menyikapinya, yuk kembalikan ke rencana keuangan masing-masing. Jika January Effect ini kembali terjadi di tahun 2017, keuntungannya terutama akan dirasakan oleh investor yang masuk dengan dana yang relatif besar. Jadi, jika kamu sudah menerima bonus tahunan dan punya tujuan finansial yang sesuai, tidak ada salahnya berinvestasi di awal tahun ini.

Kalau kamu tidak merasa nyaman dengan memilih saham atau berinvestasi secara langsung, reksadana saham atau reksadana campuran dengan presentase saham yang tinggi dapat menjadi pilihan karena ada manajer investasi yang akan mengelola dana kamu.

Tapi kalau bonus tahunan belum jelas nasibnya, jangan dipaksakan. Jangan sampai hanya karena mengejar January Effect ini kamu sampai mencairkan dana di tujuan finansial lainnya atau yang lebih gawat lagi, berutang. Selalu ada resiko dalam berinvestasi, jadi kembalikan semua ke rencana keuanganmu sebagai panduan.

Kalau kamu belum memiliki rencana keuangan, awal tahun adalah waktu yang tepat, lho!  QM Financial siap membantu kamu menyambut 2017 dengan keuangan yang lebih baik!

Yasmeen Danu CFP® / QM Planner


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch