CEO BLOG

Saat Keuangan Kita Kuat, Kita Bisa Kuat Untuk Orang Lain

Catatan Awal Tahun 2017 Ligwina Hananto

Awal tahun biasanya saya menyempatkan diri untuk melakukan refleksi sejenak. Bukan. Bukan pijat refleksi. Maksud saya, refleksi diri atas apa saja yang sudah terjadi sepanjang tahun sebelumnya. Secara finansial maupun secara pribadi.

Dalam hal finansial, saya selalu merasa perlu melakukan financial check up di awal tahun. Biasanya awal tahun saya gunakan bersama suami untuk memeriksa apakah ada zakat dan pajak yang masih harus kami bayarkan dari penghasilan tahun sebelumnya. Kami juga memeriksa kembali kebutuhan cicilan dan biaya sekolah anak-anak. Tahun lalu, kami sempat melakukan review terhadap asuransi jiwa kami, karenanya tahun ini kami belum merasa perlu melakukannya kembali. Terakhir, kami juga bersama-sama menghitung kembali pengeluaran bulanan keluarga. Ini perlu karena pasti setiap tahunnya ada perubahan. Terutama untuk pasangan berbisnis seperti kami berdua yang memiliki penghasilan tidak tetap, maka pengeluaran sebisa mungkin dibuat serba tetap. Jadi nggak pake kaget di tengah jalan.

Catatan untuk pribadi saya, tahun 2016 adalah tahun yang penuh dengan work traveling. Di awal tahun memang saya sempat berniat, walau tidak punya anggaran liburan yang besar –saya ingin tetap bisa melanglangbuana, melihat negeri, melihat dunia. Ternyata niat itu berwujud menjadi doa yang terkabulkan. Total 54 proyek yang telah diselesaikan oleh QM Financial sebagai financial literacy provider. Ke 54 proyek ini berlokasi di 10 kota di Indonesia dan 4 kota di luar negeri. Jumlah peserta workshop, seminar dan training QM Financial sepanjang 2016 adalah 5.130 orang.

Melihat ke belakang membuat saya semakin bersemangat untuk terus menumbuhkan minat orang belajar keuangan. Belajar saja tidak cukup, tentu perlu praktik juga. Bagaimana caranya agar kami juga bisa membantu orang-orang yang tidak memiliki akses luas ke program financial literacy?

Maka di tahun 2017 ini, niat saya bukan lagi sekadar work traveling. It’s been so much fun and I am forever grateful for all companies and institutions inviting me throughout the year. Tapi di tahun ini, saya ingin bergerak selangkah lagi, yaitu bagaimana cara agar bisa lebih banyak membantu mereka yang tidak memiliki akses luas ke program financial literacy.

Program sosial seperti ini tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Maka YES, keuangan harus lebih kuat. Saat kita kuat, kita bisa membantu orang lain, lebih banyak, lebih lama!

Untuk membuka akses lebih luas pada berbagai program financial literacy, QM Financial sekarang memiliki beberapa “adik” yang masih terus kami kembangkan.

Plan.id – adalah platform digital di mana Anda bisa mulai menggunakan kalkulator Tujuan Finansial secara GRATIS. Platform ini juga telah mendapat dukungan dari Mandiri Sahabatku untuk menjadi platform bagi buruh migran untuk menghitung kebutuhan menabung mereka selama merantau di negeri orang.

Quamma.org – adalah cikal bakal yayasan sosial tempat belajar keuangan. Program-program ini kami namai Quamma Project dengan target utama: perempuan, buruh migran, asisten rumah tangga, guru dan anak. Program terkini dari Quamma Project adalah “Menjadi Jagoan Finansial”. Program ini sedang kami kembangkan bersama 4 orang guru di 4 sekolah di Jakarta, Bandung, Bogor dan Lampung Utara.

Silakan turut serta dalam berbagai program Plan, Konsul dan Training bersama QM Financial, mencoba kalkulator di Plan.id atau turut membeli merchandise, menyumbang dan menjadi volunteer bersama Quamma Project.

Semangat mengedukasi orang banyak ini perlu terus kita lakukan bersama. Namun, misi sosial tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan dari keuangan yang kuat dan sehat. Jadi, ayo pastikan keuangan Anda pun terus membaik dari tahun ke tahun!

Semoga tahun 2017 ini membawa berkah untuk kita semua.

Salam,

Ligwina Hananto/CEO


Periksakan keuangan Anda bersama QMPlanner agar kuat sepanjang tahun.

Hubungi QM Financial: 08111 500 688

TOPICS


Satu tanggapan untuk “Saat Keuangan Kita Kuat, Kita Bisa Kuat Untuk Orang Lain”

  1. farah berkata:

    hai mba Wina!
    Sebagai orang yang sudah lama terlena tidak mengatur dan aware pentingnya mengatur keuangan, senang sekali ada terobosan Plan.id
    setelahs aya coba buka dan klik register tidak menemukan halaman berikutnya alias eror.
    Semoga segera bisa diakses ya..ngga sabar mencoba :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch