100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Practical Tips

Tahukah Kamu Betapa Pentingnya (Belajar) Menghasilkan Uang?

Kamu sedang berada dalam tahapan hidup yang mana?

Ternyata, di tahapan hidup apa pun, belajar menghasilkan uang merupakan hal penting. Mulai dari fresh graduate, ibu rumah tangga, keluarga mapan, hingga pensiunan. Tak ada kata berhenti untuk terus belajar menghasilkan uang.

Jangan sampai kamu menutup diri akan berbagai kesempatan yang tersedia. Pintu penghasilan ini sekarang tidak berhenti di satu titik lagi, namu bisa tersedia dalam jumlah banyak.

Jaman dulu, seorang karyawan bank –ya kerja sebagai karyawan bank. Lihat bagaimana Ika Natassa (@ikanatassa) sukses menjadi penulis buku sambil tetap bekerja di sebuah bank BUMN. Dulu untuk bisa melanglangbuana, barangkali kamu perlu jadi pilot atau awak kabin. Sekarang, Alexander Thian (@amrazing) mendapat undangan berkeliling dunia karena dengan cerdas memadukan hasil jepretannya dengan tulisan dan komentar yang apik. Mulai dari photo gurun pasir Australia hingga aurora borealis di dekat kutub Utara! Lain lagi dengan Ario Pratomo (@sheggario). Tak banyak orang yang tahun kalau Ario adalah pendiri sebuah perusahaan transportasi dengan cakupan internasional! Ario lebih terkenal sebagai seorang content creator, tech blogger dan vlogger. Dari kegiatan digitalnya ini, Ario mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk menghasilkan uang sambil tetap mengembangkan perusahaannya sendiri.

Karir seseorang pun dapat bergerak terus sesuai dengan bertambahnya kemampuan. Wahyu Ichwandardi (@pinot) memulai karirnya di sebuah TV swasta nasional. Pinot kemudian memboyong keluarganya untuk merantau ke Kuwait, saat ia mendapat tawaran pekerjaan di TV Kuwait. Pinot yang sangat kreatif ini terus menerus mengembangkan kemampuannya menyusun berbagai video dan foto. Hingga kemudian Pinot dikenal sebagai vineographer, pindah ke New York, hingga mendapatkan Shorty Awards di tahun 2014!

Punya kemampuan mengombinasikan talenta? Kamu bisa mengikuti jejak dr. Grace Judio. Sebagai seorang dokter, Grace adalah orang yang sangat scientific. Tetapi dr. Grace juga memiliki intuisi bisnis yang sangat tajam. Ia mendirikan Lighthouse Clinic, sebuah klinik pelangsingan tubuh. Dulu dr. Grace harus menghadapi semua pasien yang datang. Namun, sekarang ia sudah memiliki tim dengan sistem yang solid, sehingga bisa tetap praktek sebagai dokter, tetapi juga menikmati perkembangan bisnisnya tanpa perlu tenggelam dalam antrian pasien.

Berikut ini adalah berbagai cara untuk kamu bisa menghasilkan uang!

  • Karyawan

Jangan anggap remeh bekerja sebagai karyawan. Saat kamu serius meniti karir dan terus belajar di bidang yang kamu cintai, keberhasilanmu menghasilkan uang juga akan meningkat. Ada banyak sekali contoh individu sukses yang menjabat top management. Semua perusahaan-perusahaan besar dunia bisa berkembang karena karyawan yang hebat.

  • Bisnis sendiri

Kalau ingin berbisnis, jangan banyak omong. Ayo segera buat prototipe dari produk atau jasa yang ingin kamu perdagangkan. Tentu saja ini baru titik awal. Ada banyak sekali pekerjaan rumah menanti jika kamu ingin serius menekuni bisnis. Satu hal lagi, kamu juga harus siap untuk segera gagal dan segera bangkit.

  • Kerja sendiri/self-employed

Para pekerja freelance dan self-employed adalah manusia merdeka. Mereka tidak perlu memikirkan apa kata bos, mereka juga tidak perlu memikirkan gaji dan THR karyawan. Mereka hanya perlu fokus pada karya mereka dan diri mereka sendiri. Eh, tapi tentu saja ada konsekuensi dari pilihan ini. Karena bekerja sendiri, artinya mereka pun harus menyediakan segala fasilitasnya sendiri. Mulai dari ruang kerja, transportasi, asuransi kesehatan, semuanya serba harus diusahakan sendiri. Pasti bisa, kok!

  • Kerja profesi (dokter, dokter gigi, pengacara, arsitek, konsultan)

Pekerjaan yang satu ini memiliki spektrum yang cukup luas. Mulai dari dokter, dokter gigi, pengacara, arsitek hingga konsultan. Pekerjaan ini biasanya membutuhkan latar belakang edukasi khusus –butuh waktu lama untuk menyelesaikan studi serta meraih pengakuan dan akreditasi profesi. Penghasilan profesi ini akan meningkat sesuai dengan jam terbang. Di lain pihak, profesi ini menuntut seseorang untuk terus menerus bekerja tanpa putus, jika ingin menghasilkan uang. Dokter yang pergi ke Eropa untuk sebuah simposium selama 2 minggu, artinya akan kehilangan penghasilannya selama 2 minggu.

  • Investor

Ini tipe terakhir. Tipe ini membutuhkan uang. Jadi, sebetulnya kamu bisa belajar menghasilkan uang dari tipe pekerjaan apapun kemudian menginvestasikan uang tersebut dalam bentuk aset aktif. Dengan begitu, bisa jadi pekerjaan utamamu adalah seorang karyawan, tetapi sekaligus investor sebuah rumah makan. Atau sebagai seorang dokter, kamu pun bisa memiliki apartemen yang disewakan. Jadilah investor, apapun latar belakang pendidikan, pekerjaan dan profesimu!

Kira-kira, kamu mau mencoba yang mana dulu? Atau sekaligus kombinasi dari berbagai cara di atas? Silakan saja! Tapi, pastikan juga bahwa kamu pandai mengatur energi untuk berkembang optimal di bidang apa pun yang kamu pilih.

Ligwina Hananto / @mrshananto / Founder / CEO

TIPS No. 1 Menghasilkan uang

Artikel ini adalah bagian dari kumpulan TIPS 100 Langkah –daftar action yang tertera dalam buku Untuk Indonesia Yang Kuat, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin.

Jangan lewatkan artikel-artikel TIPS 100 Langkah lainnya di sini.

Hubungi QM Financial di 08111500688


4 tanggapan untuk “Tahukah Kamu Betapa Pentingnya (Belajar) Menghasilkan Uang?”

  1. Bablofil berkata:

    Thanks, great article.

  2. Resa Kartika berkata:

    Thanks Mbak…
    Kerennn..

  3. […] Baca juga: Pentingnya Belajar Menghasilkan Uang […]

  4. […] Baca juga: Tahukah Kamu Betapa Pentingnya (Belajar) Menghasilkan Uang […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch