Articles, Practical Tips

Yuk, Rencanakan Liburanmu dengan 7 Tips #SenangLiburan! (Bagian 2)

Bagian kedua dari dua tulisan. Silakan baca bagian pertamanya di sini.

5. Itinerary (Rencana Perjalanan)

Kalau dokumen perjalanan, tiket transportasi dan akomodasi sudah aman, saatnya kamu mematangkan rencana liburanmu!

Buat jadwal yang lebih detil tentang tempat-tempat yang ingin dikunjungi, termasuk transportasi antar kota atau antar negara.

Cara termudah melakukannya adalah: google! Internet menyediakan informasi lengkap, mulai dari lokasi dan cara mencapai tempat tersebut, jam buka-tutup, harga tiket masuk, hingga foto-foto dan review para pengunjung.

Silakan pilih sesuai selera. Apakah kamu pencinta alam, anak pantai atau pendaki gunung? Penikmat seni budaya atau sejarah? Hobi kuliner? Atau agenda utamamu adalah shop-till-you-drop? Semuanya ada!

Liburan QM Financial ke Singapura akhir tahun lalu terencana rapi, super seru dan menyenangkan, special thanks to Mas Frans dan Mbak Darling Murdijanto dari JalanJajanSingapura. Yaaayy!

6. Packing

Siapkan packing list (daftar barang yang harus dibawa) sebagai panduan.

Dokumen Perjalanan

Bawalah satu copy atau print-out dari dokumen penting berikut ini. Lebih baik lagi, miliki juga copy digitalnya di emailmu.

  • Halaman identitas paspor
  • Visa
  • Tiket pesawat (dan transportasi lainnya)
  • Voucher hotel (bukti pemesanan akomodasi)
  • Bukti pembelian asuransi perjalanan
  • Voucher atau bukti pembelian tiket masuk tempat wisata, city tour dan transportasi lokal

Pakaian

Sesuaikan dengan cuaca di tempat tujuan, dan agenda perjalanan. Ke gunung? Ke pantai? Ada rencana makan malam di restoran terkemuka atau menonton orkestra?

Perkirakan acara harianmu selama liburan dan bayangkan jenis pakaian yang dibutuhkan. Perhitungkan juga, apakah kamu akan sempat mencuci pakaian, terutama untuk durasi perjalanan lebih dari satu minggu.

Andalkan kemampuan mix and match-mu. Jaket, celana jeans dan aksesoris bisa digunakan berkali-kali, sementara kaos atau kemeja biasanya sekali pakai, terutama di daerah tropis. Untuk tujuan liburan musim gugur atau dingin, kalau kamu malas membawa jaket tebal lebih dari satu, siapkan beberapa syal atau topi, dengan warna, model atau motif yang berbeda. Gunanya? Agar foto-fotomu tidak terlihat monoton seolah nggak ganti-ganti baju, hehe..

Perlukah membawa sepatu lebih dari satu pasang? Berlibur ke luar negeri biasanya membuat kita berjalan kaki cukup banyak, jadi pastikan alas kaki yang digunakan nyaman dan dalam kondisi baik.

Elektronik

  • Travel adaptor
  • Handphone (termasuk kabel charger dan earphone)
  • Kamera (termasuk kabel charger), batere dan kartu memori tambahan jika diperlukan
  • Tambahan yang mungkin diperlukan: laptop, tablet, handycam

Komunikasi

Biaya international roaming dan pemakaian paket data internasional relatif mahal. Untuk perjalanan panjang, pertimbangkan untuk membeli SIM card lokal yang lebih hemat biaya. Sementara kalau perjalananmu hanya dua-tiga hari, manfaatkan saja WiFi di daerah publik dan hotel.

Saat ini, di beberapa negara, misalnya Singapura dan Hongkong, cukup banyak hotel yang menyediakan fasilitas berupa handphone di setiap kamar yang dilengkapi dengan fasilitas paket data dan gratis telepon lokal.

Lain-lain

  • Alat mandi dan kosmetik
  • Obat-obatan pribadi
  • Daftar nama keluarga, saudara atau teman yang perlu dibelikan oleh-oleh, sebagai panduan agar kamu tidak kalap berbelanja
  • Buku bacaan (atau tablet, iPad atau Kindle kalau bacaanmu sudah versi digital :))
  • Bantal travel, earplug, dan penutup mata jika diperlukan
  • Tas tambahan (khusus untuk kamu yang hobi berbelanja!)

Mulailah packing beberapa hari sebelum berangkat, supaya nggak ada yang ketinggalan. Untuk carry-on baggage (tas yang dibawa ke kabin), pastikan sesuai ketentuan, baik ukuran, berat maupun ketentuan tentang cairan (dilarang membawa cairan dalam kemasan lebih dari 100ml).

Silakan intip tips packing berikut ini sebagai salah satu referensi https://www.youtube.com/watch?v=sRf_gtXTy6M

7. Money, Money, Money!

Last but not least, Money! Ada beberapa pilihan, mulai dari membawa uang tunai, tarik tunai ATM, kartu debit atau kartu kredit.

Biasanya membawa uang tunai adalah pilihan yang paling menguntungkan, dengan catatan kamu menukar di money changer dengan rate yang kompetitif. Kekurangannya adalah faktor keamanan dan nilai tukar kembali yang akan sedikit berkurang karena selisih kurs.

Kalau kamu memilih untuk tarik tunai ATM, pastikan kartu ATM-mu memiliki jaringan internasional. Yang paling penting, pahami biaya administrasi yang dikenakan. Kalau ada biaya administrasi, biasanya nilainya fix per penarikan. Artinya, kalau kamu tarik tunai 10x dengan jumlah sedikit-sedikit, kamu akan terkena 10 kali biaya. Dalam hal ini, ada baiknya kamu pertimbangkan untuk mengambil uang tunai dalam jumlah cukup sekaligus.

Eh, ada lho.. beberapa bank asing yang memiliki rate cukup baik dan gratis biaya tarik tunai. Ini pilihan yang ideal, karena aman dan menguntungkan.

Biasanya penggunaan kartu debit atau kartu kredit kurang menguntungkan, karena kurs yang digunakan. Ada beberapa bank yang memiliki rate cukup baik di negara-negara tertentu. Nilai plus penggunaan kartu-kartu ini adalah pada faktor keamanan dan kepraktisan.

Penggunaan kartu kredit biasanya berguna untuk program point rewards atau international privileges. Contohnya nih, ada kartu kredit yang memiliki program promo gratis biaya tahunan untuk pembelanjaan mencapai jumlah sekian puluh juta rupiah selama 3 bulan. Jumlah besar ini lebih mungkin terjadi ketika liburan di luar negeri, kan? Atau ada juga kartu kredit yang perolehan point rewardsnya lebih besar untuk transaksi dalam mata uang asing. Tapi tetap cek rate kurs yang berlaku, ya!

Yang terakhir, Have Fun! Selamat Berlibur!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch