Event Review, Practical Tips

Jaminan Pensiun Aja Gak Cukup, Rencanakan Keuanganmu Untuk Menghadapi Masa Pensiun!

Sebagian dari kamu tentu sudah mengetahui pentingnya memiliki jaminan pensiun untuk bekal masa depan. Saat ini,  cukup banyak perusahaan, baik pemerintah maupun swasta, telah memberikan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan kepada karyawannya.

Jaminan Pensiun ini bertujuan untuk mempertahankan kondisi keuangan saat pekerja telah memasuki usia pensiun atau tidak produktif lagi. Mereka akan mendapatkan manfaat Jaminan Pensiun berupa sejumlah uang yang dibayarkan secara bulanan kepada peserta atau ahli warisnya. Jadi, meskipun sudah tidak bekerja atau meninggal dunia, karyawan akan memperoleh pendapatan bulanan dengan besaran sesuai yang sudah ditetapkan.

Namun, ternyata.. menurut Ligwina Hananto, seorang perencana keuangan sekaligus CEO dari QM Financial, “Jaminan Pensiun Aja Gak Cukup! Butuh perencanaan keuangan yang baik untuk memenuhi kebutuhan pensiunmu.”

Berikut ini adalah tips mempersiapkan dana pensiun.

1. Financial check up

Hal ini dapat kamu lakukan sendiri atau dengan bantuan financial planner. Financial check up berguna untuk mengetahui kondisi keuanganmu saat ini, mulai dari arus lalu lintas pengeluaran dan pemasukan, kemampuan menabung, berinvestasi sekaligus berutang, bisa dilihat dari financial check up ini.

2. Kelola keuanganmu dengan bijak

Ini penting, lho! Saat kamu masih produktif dan ‘menghasilkan’, gunakan uangmu dengan bijak. Bedakan kebutuhan dan keinginan. Tentukan anggaran untuk kebutuhanmu, kalau perlu pisahkan rekening tabungan, dengan rekening ‘hura-hura’ atau kebutuhan lifestyle-mu, agar pengeluaranmu terkendali.

3. Mulai menabung/berinvestasi

Menabung/berinvestasi itu jangan menunggu sisa dari penghasilanmu. Biasanya, nggak ada sisanya!

Tipsnya adalah, sisihkan dulu, minimal 10% penghasilan kamu untuk menabung/berinvestasi. Baru alokasikan sisanya untuk kebutuhan lainnya. Artinya, kebutuhan kamu harus menyesuaikan dana yang tersedia. Pelajari dan pahami berbagai instrumen investasi, agar uangmu terjaga dari inflasi, dan dapat mencapai tujuan keuanganmu.

Miliki Jaminan Pensiun dan rencanakan keuanganmu dengan baik sedini mungkin, untuk masa tua yang nyaman dan bahagia!

Nita Kurniawati / Client Relations Officer

 

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch