Articles

#QMxMAPseries : Cara Mudah Habiskan THR

Buat kalian yang pekerja kantoran tentunya merasa bahagia karena Tunjangan Hari Raya (THR) sudah masuk kedalam rekening bank. Seringkali tanpa disadari, pola menghabiskan THR dari tahun ke tahun selalu sama sehingga banyak orang yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya hanya dengan mengandalkan THR padahal ada cara mudah menghabiskan THR lho!

Langkah mudah untuk menghabiskan THR adalah membuat anggaran yang terdiri dari beberapa pos seperti berikut ini:

  • Bayar utang. Ayo, siapa yang masih utang ke keluarga, tetangga atau bahkan kartu kredit? Yuk dilunasi biar perasaan lega, masa sih mau utang ulang tahun lagi?
  • Pemberian THR untuk pekerja rumah tangga dan petugas keamanan lingkungan.
  • Zakat dan pengeluaran sosial lainnya. THR harus dihabiskan untuk zakat fitrah yang sifatnya wajib, boleh juga digunakan untuk zakat maal, fidyah, dan infaq sedekah.
  • Pengeluaran Hari Raya. Biasanya pengeluaran ini bisa terdiri dari open house, bingkisan kepada keluarga serta tetangga hingga angpao untuk keluarga yang masih anak-anak. Yang seringkali terlupakan adalah beberapa bulan setelah Idul Fitri usai, ada Idul Adha yang tentunya juga pengeluarannya diambil dari pos ini maka hitung dengan cermat ya!
  • Mudik. Tradisi yang satu ini pastinya gak mau ketinggalan tapi sayangnya angaran untuk mudik seringkali dikesampingkan padahal dengan kondisi seperti itu semua-semuanya menjadi mahal. Coba deh cari alternative mungkin bisa memanfaatkan tawaran untuk mudik gratis dari beberapa instansi atau mencoba car pooling dengan komunitas tertentu agar lebih hemat dan dapat menambah jejaring perkenalan.
  • Menabung. Seringkali karena THR harus dihabiskan, kebanyakan dari kita menjadi lupa bahwa THR boleh juga untuk ditabung. Akan keren kalau THR bisa ditabung kemudian dijadikan DP rumah atau apartemen misalnya?!

Semua cara mudah di atas bisa juga menjadi acuan untuk anggaran menghabiskan THR tahun depan lho, jangan lagi timbul utang saat Idul Fitri usai!

Selamat Lebaran!


Artikel ini merupakan kerjasama dengan MAP Gift Voucher, best selling Gift Voucher accepted in over 1900 branded stores under MAP group in Indonesia. Kamu bisa membeli MAP Gift Voucher secara online di http://www.mapgiftvoucher.com/enquiries

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Grand Wijaya Centre Blok A no.3-4
Jl. Wijaya II, Pulo-Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Anda juga dapat menghubungi kami melalui:
WhatsApp/SMS/Call: 08111500688
Email: info@qmfinancial.com

atau silakan isi form kontak berikut:

    Berkarir bersama QM

    QM Financial memiliki mimpi mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi keuangan agar berdaya secara finansial. Anda dapat mengirimkan CV dan menceritakan kenapa Anda tertarik untuk bergabung dengan kami serta bagaimana cara Anda dapat berkontribusi melalui surel ke hr@qmfinancial.com

    Keep in Touch