Articles, Practical Tips

Tepat Alokasi Gaji dan Tetap Belanja!

Kalau ngobrolin pengelolaan penghasilan, pertanyaan yang sering terlontar adalah berapa besar sih porsi yang ideal untuk masing-masing kategori seperti rumah tangga, transportasi, menabung dan yang paling penting, belanja. Punya anggaran yang baik adalah kunci supaya penghasilan yang kita terima dapat kita nikmati dengan maksimal, baik untuk hari ini maupun nanti ketika ada kebutuhan mendesak atau hari tua. Nggak mau kan hanya karena tidak punya anggaran jadinya terlilit utang?

Kalau penghasilan kamu rutin alias gajian dengan tanggal dan jumlah yang sama, chart berikut bisa dijadikan patokan mengenai presentase masing-masing kategori dalam anggaran

Kalau kamu bekerja sendiri atau freelancer, bagi pengeluaran kamu kedalam kategori-kategori diatas lalu buat rekening penampung penghasilan. Dari rekening penampung tersebut, kamu kemudian menggaji diri sendiri dengan jumlah tetap setiap bulannya supaya pengeluaran tetap terkontrol. Ini untuk menghindari sakit kepala jika kerjaan sedang sepi atau karena kamu terlalu boros ketika penghasilan naik.

Walaupun masing-masing kategori pengeluaran memiliki presentase, jika kamu tidak menghabiskan jatah di salah satu kategori, kamu bisa alokasikan kelebihan tersebut dalam kategori lainnya. Tips yang paling mudah adalah disiplin pada kategori cicilan utang dan menabung. Selama kedua kategori ini terkontrol dengan baik, sisanya bisa digunakan sesuai keinginan kamu. Agar lebih mudah, gunakan sistem amplop atau gunakan rekening terpisah untuk kategori tertentu. Misalnya memisahkan rekening tabungan dan rekening bayar utang agar rekening tabungan tidak tergerus. Atau, gunakan rekening tersendiri untuk jatah belanja dan berjanji pada diri sendiri bahwa saldo dalam rekening tersebut menjadi batas maksimal anggaran belanja kamu. Dengan cara ini,, belanja jadi lebih tenang karena porsi yang lain ada posnya tersendiri.

Selamat berbelanja!
*tulisan ini pernah di muat di www.blibli.com

TOPICS


Satu tanggapan untuk “Tepat Alokasi Gaji dan Tetap Belanja!”

  1. […] baca juga: Tepat Alokasi Gaji dan Tetap Belanja […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch