100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Practical Tips

Kerja Paruh Lewat Aplikasi? Begini Cara Atur Uangnya!

Belajar mengelola keuangan gak melulu untuk para pelajar atau karyawan saja. Para montir pun bisa belajar bagaimana cara mengelola keuangan dengan baik. Yak! Montir, orang yang mempunyai pekerjaan untuk memperbaiki kendaraan. Tapi montir disini bukan sembarang montir lho. Montir yang dimaksud sudah moderen, namanya Montir Online yang tergabung dalam Go Auto dari Aplikasi transportasi online Gojek.

Jadi, kalau ada kendaraan kita yang bermasalah, kita bisa langsung order mereka dimana aja online via aplikasi, iiihhh keyen kaaan.

related article: Pengalaman Menggunakan Transportasi Berbasis Aplikasi

Kali ini, Bank Niaga bekerjasama dengan Thisable mengundang QM Financial untuk memberikan program pelatihan keuangan untuk 50 orang mitra Go Auto.

Bekerja sebagai Mitra Go Auto sama halnya seperti pekerja paruh waktu. Penghasilan yang mereka dapatkan tidak rutin seperti karyawan kantoran biasa yang memiliki penghasilan tetap setiap bulan dengan segala tunjangannya. Sebagai pekerja paruh waktu, mereka akan menerima penghasilan jika sudah melakukan pekerjaan atau menyelesaikan orderan dari pelanggan. Maka dibutuhkan perencanaan keuangan yang matang agar bisa hidup dengan sejahtera.

related article: Strategi Tepat Untuk Kondisi Finansial Sehat

4 tips cara mengatur keuangan untuk pekerja paruh waktu

#1 Punya Dana Darurat

Sebagai pekerja paruh waktu, penting untuk selalu punya Dana Darurat. Tidak menentunya penghasilan yang diterima akan membuat kamu merasa selalu kehabisan uang. Oleh karena itu, saat penghasilan sedang banyak karena banjir orderan, kamu juga harus menabung dengan jumlah yang lebih dari biasanya. Hal ini dilakukan agar saat orderan sedang sepi, kamu masih bisa tetap memenuhi kebutuhan harian dan bulanan.

related article: Siasat Menyiapkan Dana Darurat

#2 Catat Uang Keluar Masuk

Banyak yang menganggap hal ini sepele atau sangat merepotkan. Tapi kalau melakukan hal ini, kamu jadi tahu arus lalu lintas keuanganmu. Kamu akan tahu kemana saja larinya uang selama ini dan bagaimana caranya mengdiagnosa pengeluaran yang bukan kebutuhan dasar tapi berpengaruh terhadap kesehatan keuanganmu.

related article: Waspada Bocor Halus Akibat Bolak Balik Uang di ATM

#3 Utamakan Kebutuhan Pokok (NEED VS WANT)

Saat bekerja sebagai pekerja paruh waktu, alangkah bijak nya kalau kamu mengutamakan kebutuhan pokok dibanding keinginan. Kebutuhan pokok seperti membayar tagihan listrik dan air yang harus dipenuhi  serta tidak dapat dihindari. Tapi yang namanya keinginan seperti memiliki iPhone seri terbaru, masih dapat disubstitusikan dengan fungsi yang sama dari smartphone lain.

related article: When To Say Yes or No

#4 Punya Asuransi

Ya, lagi-lagi asuransi. Asuransi tuh penting banget untuk semua orang sebagai proteksi untuk melindungi seseorang dari kejadian yang tidak diinginkan. Kalau gak punya asuransi, kamu bisa mendaftarkan diri sendiri dan keluarga melalui BPJS Kesehatan. Dengan keanggotaan BPJS, kamu bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis untuk dirimu dan anggota keluargamu tanpa harus mengganggu keuangan.

related article: Halal Haram Asuransi

Tidak menentunya penghasilan bukanlah alasan untuk tidak dapat sejahtera karena tidak mengelola keuangan dengan bijak.

related article: Pengaturan Keuangan Freelancer

Nita Kurniawati / Sales

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch