100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Asuransi, Investasi, Practical Tips

Kiat Jitu Atasi Gajian Tak Kasat Mata

Halo, apa kabar? Kayaknya ada yang lagi senang nih karena habis gajian!

Atau,

Malahan lagi sedih karena mengalami yang namanya gajian tidak kasat mata?

Duh kasian… ibaratnya punya pacar tapi gak bisa diajak jalan alias cuma pacar khayalan yang disimpan dalam hati saja *eaaaaaa

Udah bekerja bertahun-tahun tapi tidak punya aset. Setiap bulan terima  gaji tetapi selalu habis. Gaji cuma numpang lewat rekening habis itu menghilang kayak mantan…. Tuh kan jadi baper!”

Pernah atau sedang mengalami kondisi seperti di atas? Mau menyalahkan gaji karena jumlahnya yang kamu terima kecil? Hei, tunggu dulu! Kondisi di atas bisa juga terjadi karena caramu dalam mengelola keuangan yang belum tepat.

Coba deh, diingat-ingat…. Saat terima gaji, apa yang kamu lakukan?

Apakah kamu langsung menyisihkannya untuk membayar utang dan tagihan lainnya?

atau

Langsung cuss membeli barang yang sudah diincar sejak bulan lalu sampai barang tersebut terbawa mimpi?

Apapun yang dilakukan dengan gajimu, jangan sampai sudah bersusah payah mendapatkannya tapi hanya numpang lewat dan tidak jadi apa-apa!

Simak 5 tips mencegah gajian tak kasat mata!

Buat 4 pos pengeluaran bulanan
Saat kamu terima gaji, hal yang pertama yang bisa dilakukan adalah membuat 4 pos pengeluaran. Hitung dan sisihkan gajimu ke dalam 4 pos pengeluaran tersebut sesuai dengan kewajiban yang harus dibayarkan.

Jenis Pos Pengeluaran % dari gaji Keterangan
Menabung / Investasi Minimal 10% Tabungan bank, logam mulia, deposito dsb
Cicilan Utang Maksimal 30% KPR/KPA, Kendaraan, gadget
Rutin Idealnya 35% – 40% Asuransi, Rumah Tangga, Transportasi, Anak, Sosial
Gaya Hidup Maksimal 20% Makan di luar (fine dining), Nonton etc

related article: 5 Pengeluaran Bulanan Yang Harus Kamu Ketahui

Memisahkan Tabungan
Saya tipe orang yang kalau lihat uang di rekening bawaannya pengen diambil saja. Kalau kamu termasuk tipe yang seperti ini juga maka sebaiknya kamu membuat dua akun rekening bank. Rekening pertama untuk pos tabungan/investasi dan yang kedua untuk pos pengeluaran yang lainnya.

related article: Mari Menabung

Bijak Menggunakan Kartu Kredit
Sudah punya dua rekening tabungan tapi gaji masih habis juga? Mungkin tanpa sadar kamu berbelanja tidak menggunakan uang tunai melainkan dengan kartu kredit. Banyak yang menjuluki kartu kredit sebagai “kartu setan.” Padahal pada kenyataannya, kartu kredit bisa dijadikan andalan saat kondisi darurat. Kamu bisa memakai kartu kredit untuk kebutuhan mendesak seperti mobil mogok dan harus diperbaiki di bengkel terdekat. Tapi ingat, berani gesek harus berani bayar!

related article: Tentang Kartu Kredit

Punya Asuransi / BPJS Kesehatan
Gaji biasanya cuma  numpang lewat saat ada kejadian tak terduga yang menimpamu. Misalkan, kamu atau ada anggota keluargamu  tiba-tiba jatuh sakit dan  harus dirawat di rumah sakit. Sedangkan kamu dan keluarga tidak memiliki asuransi ataupun BPJS, mau gak mau kamu harus menanggung beban biayanya dengan uang pribadimu. Kejadian  ini kerap kali dialami oleh seseorang sehingga dia terpaksa harus menggunakan uang tabungannya bahkan berhutang untuk membayar biaya rumah sakit. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mempunyai asuransi atau BPJS Kesehatan  supaya kamu bisa terhindar dari biaya sakit yang dapat mengacaukan keuanganmu.

related article: Seperti Ini Asuransi yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Karyawan

Financial Check Up
Yang juga penting agar terhindar dari gajian tak kasat mata adalah dengan melakukan financial check up sehingga kamu bisa mengidentifikasi pos mana saja yang memiliki pengeluaran paling besar. Dan periksa juga apakah pengeluaran tersebut masuk ke dalam kategori kebutuhan atau keinginan.

related article: Siapkan Jalan Menuju Semua Tujuan Finansialmu!

Nah, sudah melakukan langkah yang mana dari 5 tips di atas untuk keuanganmu? Semoga kondisi keuanganmu semakin baik setelah melakukan tips di atas.

Dapatkan DISKON KHUSUS PROGRAM #MyQMPlan untuk semua Konsultasi dan PLAN
Hubungi QM Financial di WA 08111500688

Nita Kurniawati / Sales


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch