#QMPlan, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Biasa Jadi Baik: Kebiasaan Baikmu di Pagi Hari Akan Membantumu Saat Pensiun Nanti

Kebiasaan baik bisa dimulai dari mana saja. Kita bisa mulai dengan kebiasaan di pagi hari. Menurut Jacqueline Whitmore, penulis etiket bisnis dan founder The Protocol School, hal-hal pertama yang kita pikirkan saat bangun tidur akan menentukan rasa pada diri kita untuk sepanjang hari.

5 Cara Memulai Hari Produktif di Pagi Hari

Jangan bangun di sisi tempat tidur yang salah. It’s important to be mindful for your first waking moments. Kata Whitmore lebih lanjut, pertama kita perlu bangun dengan ‘lembut’.

Kedua bangun dengan senyum – karena senyuman bisa meningkatkan kadar endorphin!

Ketiga, bersyukurlah. Isi kepala yang penuh rasa syukur dapat membantu kamu menyetel tanki emosi dengan awal yang positif.

Keempat RENCANAKAN harimu. Menyiapkan rencana hari itu adalah bagian dari cara kita menghargai diri sendiri.

Terakhir, stretching! Semua juga tahu olahraga itu bagus, tapi tidak semua mau mengerjakannya. Bagaimana kalau memulai dengan stretching dulu, sebelum jadi kebiasaan olahraga berat.

Perhatikan dari 5 cara memulai hari yang diusulkan Whitmore, tidak ada satupun usulan untuk memulai hari dengan cek medsos kamu lho! Tenang aja. Nanti juga ada waktunya kok untuk cek medsos. Tapi sekarang, cobain dulu. Mulai hari dengan cara ini. Tangki emosi dimulai dari nol ya!

Baca selengkapnya: 5 cara memulai hari oleh Jacquline Whitmore

Ayo Mulai Dengan Kebiasaan Baik di Pagi Hari!

Kami mengobrol dengan 3 orang teman, Iwet Ramadhan, Edward Suhadi dan Fransisca Emi. Ketiganya memiliki kebiasaan berbeda yang dilakukan hampir setiap pagi. Silakan simak dan coba lihat mana kebiasaan baik mereka yang ingin kamu ikuti!

 

Iwet Ramadhan – penyiar dan pegiat seni – melakukan satu kebiasaan unik yang mulai ditinggalkan orang kota. Iwet selalu membereskan tempat tidurnya sendiri. Iwet merasa ia perlu membereskan tempat tidur sendiri setiap hari sebelum memulai hari. Menurut Iwet, ini sangat membantu dirinya merasa punya kendali atas dirinya. Apapun yang terjadi pada hari itu, ada satu yang pasti – tempat tidur yang rapi akan menyambut Iwet pulang nanti malam!

 

Edward Suhadi – entrepreneur, pemilik rumah produksi / agensi dan aktor komedi – punya sebuah kebiasaan baru yang sebelum sangat sulit dilakukan. Edward yang sejak kecil berbadan besar sekarang sangat rajin berolahraga. Hampir setiap hari Edward menyempatkan diri berolahraga, selain juga mengkonsumsi makanan sehat.

Kata Edward, “Perjalanan menuju badan lebih enteng memang perlu dibarengi kebiasaan olahraga setiap hari. Setelah berkeringat, badan lebih enteng, rasa hati lebih positif, isi kepala lebih tajam.”

Fransisca Emi – karyawan, ibu 1 anak – bertugas memasak setiap hari. Kebiasaan baik Emi ini bukan sesuatu yang baru. Ada banyak para ibu di luar sana yang setiap hari menyusun menu, belanja ke tukang sayur dan memasak untuk keluarganya. Tapi anak masa kini baru mulai mempraktikkan kebiasaan Emi ini dengan istilah baru ‘meal planning’.

Apa Hubungannya Kebiasaan Pagi Hari Dengan Keuangan?

Nah kebiasaan pagi ini ternyata berhubungan erat dengan kesiapan pensiun kita nanti! Persiapan pensiun itu ternyata tidak hanya bersiap di sisi keuangan, tetapi juga bersiap di sisi mental.

Apakah kamu pernah terpikir, semua kebiasaan hidupmu itu nanti akan terganggu begitu kamu memasuki masa pensiun. Pekerjaan tetap yang sudah kita jalani bertahun-tahun akan terhenti. Jika sebelumnya kamu berangkat kerja setiap hari, saat pensiun semua itu terhenti. Apa yang masih bisa kamu pegang? Micro habit! Kebiasaan-kebiasaan kecil saat bangun tidur masih bisa kita pertahankan. Kebiasaan-kebiasaan baik di pagi hari masih bisa kita pertahankan. Semua kebiasaan ini yang akan terus mengisi hari-hari kita saat pensiun.

Mari mulai dengan kebiasaan – sebuah pola hidup yang kita lakukan berulang-ulang hingga terukir dalam otak kita sebagai kegiatan yang bisa kita lakukan secara otomatis. Untuk keuangan, kebiasaan baik ini bisa terefleksikan sebagai good money habit.

Baca selengkapnya: Biasa Jadi Baik

Apakah kamu punya kebiasaan baik di pagi hari yang bisa kamu tularkan pada orang lain seperti Iwet, Edward dan Emi?

Ayo bergabung dalam gerakan #BiasaJadiBaik. Karena dari biasa, lama-lama jadi baik.

@QM_Financial


Apa kebiasaan keuangan baikmu? Ayo bahas bersama di akun media sosial kami.

Facebook Fanpage QM Financial dan Twitter / Instagram @QM_Financial.

Sebarkan virusnya. Ajak lebih banyak orang tergerak mewujudkan keuangan yang sehat dan kuat.

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch