Articles, Practical Tips

Biasa Jadi Baik: Ngobrolin Uang Bersama Pasangan

Seperti keuangan kita, “relationship’ bertahan kuat karena kebiasaan-kebiasaan baik. Bagi sebagian orang, membicarakan keuangan bersama pasangan adalah hal yang tabu. Tapi tidak bagi Honey dan Rico. Mereka punya kebiasaan membahas tujuan keuangan keluarga. Kita simak cerita lengkapnya yuk!

Kebiasaan baik apa yang ingin ditularkan?

Kami yakin sebagai pasangan bisa saling mempengaruhi satu sama lain untuk hal baik maupun buruk. Sebagai pasangan, kami tak pernah merasa tabu membicarakan keuangan keluarga.

Mengapa memilih kebiasaan baik tersebut?

Menurut kami, penting banget untuk membicarakan keuangan bersama pasangan. Karena tujuan keuangan keluarga sama dengan tujuan hidup bersama. Kami bersyukur, sebelum menikah masing-masing dari kami sudah memiliki kebiasaan baik dalam mengelola keuangan sehingga tidak sulit bagi kami untuk menyatukan value tentang uang.

Topik keuangan apa sih yang biasanya dibicarakan?

Topik keuangan yang biasanya dibicarakan bersama adalah Dana Pendidikan Anak dan Dana Liburan.

Apakah ada waktu khusus untuk bicara soal uang bersama?

Ngobrolin soal uang dengan pasangan sering dilakukan saat perjalanan menuju atau pulang kantor. Pembicaraan lebih intensif kami lakukan saat waktu kencan khusus berdua tanpa anak-anak.

Kalau di keluarga kalian, siapa nih Menteri Keuangannya?

Menteri Keuangan sudah pasti Honey karena dia yang paling mengerti mengenai instrumen keuangan yang ada di pasar. Selain itu, Honey yang paling rajin mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan keuangan. Finance geek 😂

Sudah berapa lama kebiasaan baik bicara soal uang bersama ini berlangsung?

Kebiasaan baik bicara soal keuangan kami mulai saat memutuskan akan menikah. Saat itu kami berdiskusi mengenai tabungan dan pengeluaran yang akan terjadi di acara pernikahan. Ketika sudah menikah, Honey bahkan memiliki catatan pengeluaran harian yang masih dilakukan sampai hari ini.

Dari mana inspirasi kebiasaan baik ini datang?

Inspirasi kebiasaan baik pertama kali datang saat Honey mendengarkan siaran #FinClic Ligwina Hananto untuk pertama kalinya ☺

Ditambah lagi saat kelahiran si sulung, kami mendapatkan pencerahan kalau menabung saja tidak cukup, perlu adanya tujuan keuangan yang terukur.

Apa saja dampak yang dirasakan sejak melakukan kebiasaan baik bicara soal uang bersama?

Dampak yang dirasakan sejak melakukan kebiasaan baik bicara soal uang bersama banyak sekali! Kami jadi tahu kekuatan keuangan keluarga kami. Kami tahu di mana kami akan menyekolahkan anak, kami juga tahu kapan waktu terbaik untuk melakukan liburan bersama tanpa perlu berutang.

Dampak lainnya, kami menjadi lebih solid sebagai pasangan karena kami bekerja sama untuk saling mewujudkan mimpi pribadi dan mimpi keluarga.

Apakah kebiasaan baik ini akan dibawa hingga masa pensiun nanti?

Pastinya kebiasaan baik ini akan kami lakukan walaupun sudah pensiun nanti. Kami juga berencana untuk mengajarkan kebiasaan baik ini kepada anak-anak kami.

Kalau boleh tahu, kalian udah siap pensiun belum?

Pensiun Dini? Tentu saja….untuk saat ini kami belum siap 😂

Selain kebiasaan baik bicara uang bersama, apa lagi yang sudah kalian siapkan untuk menghadapi masa pensiun nanti?

Kami sudah mulai mempersiapkan Dana Pensiun sedikit demi sedikit. Mudah-mudahan saat waktunya tiba nanti, Dana Pensiun sudah siap sehingga anak-anak kami tidak menjadi generasi sandwich.

Itu tadi inspirasi kebiasaan baik ngobrolin uang dengan pasangan dari Honey dan Rico. Kamu punya kebiasaan baik bersama pasangan juga? Yuk share kebiasaan baikmu di media sosial dengan tagar #BiasaJadiBaik tag ke @QM_Financial ya!

@QM_Financial


Apa kebiasaan keuangan baikmu? Ayo bahas bersama di akun media sosial kami dengan tagar #BiasaJadiBaik

Facebook Fanpage QM Financial dan Twitter / Instagram @QM_Financial.

Sebarkan virusnya. Ajak lebih banyak orang tergerak mewujudkan keuangan yang sehat dan kuat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch