Articles, Topik Terkini

Training NLP: Transformasi Jiwa QM Financial Menjadi Training Company

Akhir tahun 2017 yang lalu, Ligwina Hananto – CEO QM Financial – mengumumkan kepada semua karyawan kalau mulai tahun 2018 QM Financial akan bertransformasi jiwa dari financial planning company menjadi  training company.

Untuk menjadi sebuah training company, QM Financial perlu melakukan perubahan fundamental, salah satunya adalah mental atau jiwa sebagai trainer. Semua karyawan diberi pengarahan agar kedepannya kami semua dapat menjadi financial trainer. Artinya, setiap karyawan diharapkan mempunyai kemampuan berbicara dan mengajar di depan banyak orang.

Sebelum terjun ke lapangan, kami pun dibekali dengan berbagai training yang bisa menunjang kompetensi kami menjadi trainer yang handal. Salah satunya adalah training Neuro Linguistis Programming (NLP).

Training dilaksanakan di awal bulan Februari di kantor QM Financial. Training dipimpin oleh Arief Ardi Nugroho CT NLP atau yang lebih akrab disapa Mas Auf, seorang Trainer NLP tersertifikasi.

NLP adalah singkatan dari kata Neuro Linguistic Programming. Neuro = Saraf, sistem saraf otak dan saraf seluruh tubuh kita. Linguistic = Bahasa, baik verbal maupun non verbal. Programming = memprogram. Jadi secara singkat, NLP adalah ilmu yang mempelajari struktur perilaku manusia, mempelajari bagaimana bahasa mampu mempengaruhi paradigma, cara berpikir, dan perilaku kita sehari-hari.

Contoh sederhananya adalah kata “SUSAH”. Kalau kita dengar kalimat “Pekerjaan ini susah untuk dilaksanakan“, apa respon kita? Secara umum, kata “SUSAH” akan memberi pengertian sebagai sesuatu yang tidak mudah untuk diselesaikan. Akan ada penolakan dari tubuh kita untuk menyelesaikan apapun yang dimaksud kalau ada kata “SUSAH” ini.

Coba gantikan kata “SUSAH” dengan kata “TANTANGAN”, maka kalimatnya akan jauh lebih enak didengar,  “Pekerjaan ini menjadi tantangan tersendiri untuk dilaksanakan.

Nah!  Terasa kan perbedaannya?

Jadi kesimpulannya adalah, manusia itu cenderung do deletion, menghapus hal-hal yang tidak membuat kita happy. Apa yang kita fokuskan akan tumbuh. Fokus akan menentukan apa yang kita dengar, lihat dan kita rasakan. Dan fokus kitalah yang bertanggungjawab membentuk realita kita.

Dengan transformasi QM Financial menjadi training company, maka mulai sekarang kami – para karyawan QM Financial harus fokus untuk menjadi financial trainer yang baik dan handal. Identitas sebagai QM Planner yang sudah menempel harus diputus dan digantikan dengan label sebagai QM Trainer. Dengan begitu kami bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Because the map is not the teritory.

Kami pun diminta untuk membuat daily gratitude journal. Sebuah jurnal khusus untuk mengungkapkan rasa syukur akan apa yang kami dapatkan atau alami di hari tersebut. Jurnal bisa ditulis malam hari sebelum tidur atau di pagi hari setelahnya. Dengan menuliskan hal-hal yang disyukuri, kami jadi belajar untuk fokus pada hal-hal yang baik dan positif.

Di akhir training, untuk melatih fokus, kami diberi tantangan untuk tidak mengeluh selama 14 hari ke depan. Jika gagal, kami harus mengulang lagi dari hari pertama. Baru mendengar tantangannya saja kami sudah mengeluh “Hah, yang benar aja? Udah pasti gagal deh ini. :D

Transformasi QM Financial menjadi training company adalah sebuah perjalanan yang panjang dan pastinya menantang. Namun, kami siap berubah untuk memberikan akses literasi keuangan yang semakin luas demi terwujudnya generasi menegah Indonesia yang kuat. Dukung kami ya!

 

Nita Kurniawati | Financial Trainer


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch