#QMPlan, Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Banyak Kesempatan Liburan, Apa Kabar Anggaran?

Sudah lihat kalender bulan Mei 2018? Setidaknya ada 3 potensi long weekend dan 1 libur Lebaran yang cukup panjang. Buat yang karyawan pasti bersorak gembira. Yeay! Banyak kesempatan liburan. Eits tunggu dulu, apakah anggaran liburannya sudah disiapkan?

Kalau Dana Liburan sudah siap sih gak masalah ya. Nah, klo ternyata belum ada dananya, gimana? Punya ide gak biar bisa tetap liburan tanpa mengganggu anggaran bulanan? Jangan buru-buru mengandalkan THR loh. THR sudah punya alokasinya tersendiri. Kita akan bahas di artikel terpisah ya.

Anggaran untuk lifestyle yang disarankan adalah maksimal 20% penghasilan bulanan. Kalau gaji bulananmu Rp5.000.000 maka dana yang tersedia untuk kamu liburan dan shopping adalah 20% dari gaji, yaitu Rp1.000.000.

Mari kita lihat apa yang bisa kamu lakukan dengan dana ini.

Movie Marathon/Shopping/Treatment

Kalau sebelumnya kamu kesulitan mencari jadwal kosong buat nonton, sekaranglah saatnya. Konsekuensinya, tiket nonton saat weekend biasanya lebih mahal ya. Berapa film yang sanggup kamu tonton dalam sehari? Dua? Tiga? Pastinya butuh makan juga kan ya. Kita susun anggarannya ya. Tiket 3 film Rp300.000, makan & minum Rp200.000, total Rp500.000. Kalau kamu gak hobi nonton, anggarannya bisa kamu manfaatkan untuk memanjakan diri di salon langganan. Sisa Rp500.000 bisa untuk shopping deh ☺

Upgrade Skill

Long weekend juga menjadi kesempatanmu mengikuti seminar/workshop untuk meng-upgrade skill. Skill apa yang ingin kamu kembangkan? Belajar menulis novel dalam 30 hari, merangkai bunga, atau membuat video ala vlogger? Coba cek workshop apa saja yang tersedia dan menarik untukmu. Biaya seminar/workshop ini bervariasi bisa dari Rp250.000, Rp500.000 hingga jutaan Rupiah. Pilih yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu ya.

Short getaway ke luar kota

Tetap mau keluar kota? Oke kalau gitu bisanya cuma kota terdekat ya. Bagi yang di Jakarta bisa ke Bandung, yang di Surabaya bisa ke Malang misalnya. Perhitungannya tiket kereta PP Jakarta-Bandung Rp200.000, hotel Rp400.000, makan & transportasi dalam kota Rp300.000, total Rp1.000.000. Cukup kan? Biayanya akan bisa ditekan kalau kamu liburan bersama teman-teman. Lumayan kan budget hotelnya bisa patungan.

Mau liburan yang lebih jauh? Bisa kok! Tapi nabung dulu ya. Dengan menabung setengah dari anggaran lifestyle saja, kamu sudah bisa punya Dana Liburan Rp6.000.000 dalam 1 tahun loh. Ini sudah cukup untuk liburan ala backpacker ke negara tetangga. Berangkat liburan kalau anggarannya sudah siap ya!

Apapun pilihan aktivitas long weekend-mu, pastikan kamu menjalani lifestyle yang sesuai dengan kemampuan ya. Jangan demi postingan keren di Instagram kamu mengorbankan dana untuk masa depan.

Happy long weekend!

Fransisca Emi/ Financial Trainer

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch