#QMTraining, 100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, financial clinic, Notes from My Events

Pelatihan Persiapan Pensiun di Rabobank

Kebanyakan perusahaan mulai memberikan training persiapan pensiun kepada karyawannya disaat mereka akan memasuki atau sudah mencapai usia pensiun. Namun berbeda dengan Rabobank. Manajemen Rabobank justru sedini mungkin memberikan fasilitas pelatihan persiapan pensiun kepada karyawannya. Ini sesuai dengan tiga tahapan persiapan pensiun yangdipaparkan oleh Ligwina Hananto.

related articles: Kapan Perusahaan Harus Membuat Program Persiapan Pensiun?

Menurut manajemen Rabobank, kesejahteraan karyawan adalah tanggung jawab masing-masing, bukan tanggung jawab perusahaan. Tugas perusahaan adalah memberikan akses pengetahuan, salah satunya pelatihan persiapan pensiun yang bekerja sama dengan QM Financial ini. Namun tanggung jawab pelaksanaannya ada di masing-masing karyawan.

Pelatihan persiapan pensiun bertujuan agar para karyawan mempunyai waktu yang cukup lama untuk bisa mempersiapkan tujuan keuangan apa saja yang ingin mereka capai atau miliki saat pensiun nanti. Ada begitu banyak hal harus dipelajari dan dipersiapkan untuk memasuki masa pensiun. Jangan sampai kita terlambat mempersiapkannya dan  gigit jari saat ternyata dana pensiun tidak mencukupi.

Pelatihan diadakan di Jakarta untuk 6 gelombang dengan masing-masing karyawan per gelombang pada bulan Maret 2018 di kantor Rabobank yang berlokasi di Mega Kuningan Jakarta.

Sesi pelatihan QM Financial selalu diawali dengan intention setting. Hal ini untuk membuat peserta fokus pada tujuannya mengikuti pelatihan. Ligwina Hananto sebagai lead trainer mengajak para peserta training untuk menuliskan apa saja mimpi atau goals yang ingin mereka miliki saat pensiun. Ada yang ingin punya bisnis, punya rumah pensiun yang nyaman, sering liburan bersama keluarga, dan lain sebagainya.

Tahapan dalam belajar finansial dibagi menjadi tiga: AWARENESS, UNDERSTANDING, dan ACTION.

Ada begitu banyak hal yang harus dipelajari dan disiapkan untuk menghadapi masa pensiun. Berhubung peserta pelatihan beragam mulai dari junior level hingga senior level, materi training pun harus sesuaikan dengan kebutuhan para peserta.

Sesi pagi diisi dengan materi bagaimana cara mengatur keuangan agar peserta tahu (AWARE) dan paham (UNDERSTAND). Sementara sesi siang diisi dengan praktik mengisi formulir data keuangan agar para peserta mengetahui status arus kas bulanannya. dan apa saja harta dan utang yang mereka miliki. Peserta pun membentuk grup untuk membuat simulasi 7 Langkah Siap Pensiun. Ini adalah bagian dari tahap ACTION.

Bicara keuangan mungkin terdengar kaku dan membosankan karena kita berkutat dengan angka-angka. Namun di QM Financial, kami selalu punya cara untuk membuat pelatihan finansial terasa fun. Salah satunya adalah saat penyampaian materi seminar oleh Ligwina Hananto. Sebagai seorang stand up comedian, sesekali Ligwina Hananto menyisipkan materi standup comedy yang berhubungan dengan financial planning. Ruang kelas pun ramai dengan gelak tawa para peserta.

Tak hanya itu, kami pun punya tips lain supaya peserta tetap fokus dan happy selama training. Kami mengajak peserta untuk bermain expense card games berupa permainan kartu pengeluaran. Para peserta diajak berjalan menuju sudut dinding untuk menempelkan kartu-kartu pengeluaran tersebut sesuai dengan pos pengeluaran yang ada. Selain seru, peserta juga makin paham penerapan prinsip financial planning dalam kehidupan sehari-hari. Tak ketinggalan ice breaking seru yang bisa menyegarkan suasana kelas. Financial traning can be fun with QM Financial!

Sebagai penutup, lead trainer Ligwina Hananto lebih banyak membahas studi kasus dan berbagai informasi terkini seputar investasi surat berharga, bisnis, dan properti sebagai bagian dari aset aktif. Penting sekali agar kita semua bisa mengatur keuangan, sehingga kita bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk investasi masa depan dan membangun aset aktif. Sayang kan, kita sudah kerja capek-capek bertahun-tahun tapi hasilnya gak kelihatan. Produk untuk investasi harus dipilih dengan hati-hati. Kita harus sadar betul atas segala risiko yang terkandung dalam produk pilihan kita.  Resiko ini perlu dikelola dan disesuaikan dengan jangka waktu pencapaian.

Thank you for having us, Rabobank!

Mari kita terus meningkatkan pengetahuan mengelola keuangan untuk mewujudkan pensiun yang sejahtera. Pelatihan finansial seperti ini sangat bisa disesuaikan dengan kebutuhan karyawan atau perusahaan. Bersama QM Financial,  pelatihan finansial menjadi lebih menyenangkan, praktis dan bermanfaat. Sila hubungi 0811 1500 600 untuk ngobrol training seperti apa yang cocok untuk  perusahaan Anda.

Happy employees,  wealthy companies.

Nita Kurniawati | Financial Trainer

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch