#KidsNMoney, #QMTraining, Articles, Financial Planning For Kids

Bersama Merayakan Pendidikan di PEKAN 2018

Dalam rangka Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, beragam organisasi yang peduli pendidikan berkumpul bersama dalam Pesta Pendidikan (PEKAN). PEKAN adalah bentuk nyata dari para pemangku kepentingan yang bergerak, belajar, dan bermakna bersama. Kita adalah publik, bagian terpenting yang perlu berpartisipasi sampai tingkat berdaya, bukan hanya berkomunikasi atau bermitra dalam ekosistem pendidikan Indonesia. Organisasi, komunitas, maupun individu di bidang pendidikan maupun nonpendidikan yang berpartisipasi dalam PEKAN disatukan oleh prinsip ‘barengan’.

Pesta Pendidikan (PEKAN) dilakukan setiap tahun di bulan Mei. Tahun ini adalah tahun ke-2 Quamma Project mengikuti kegiatan ini. Seru banget! Dari sinilah kami belajar berkolaborasi dan bertemu banyak pihak dengan profesi yang berbeda, tetapi mempunyai satu tujuan yang sama yaitu memajukan pendidikan di Indonesia.

Tahun lalu, QUAMMA Project ikut terlibat dalam PEKAN 2017. Program utamanya adalah “Jagoan Finansial” yang merupakan pelatihan literasi finansial untuk guru, murid dan orang tua. Di Janji PEKAN, Quamma Project berkolaborasi dengan Hekaleka, sebuah komunitas peduli pendidikan anak Maluku. Presentasi Janji Publik disampaikan oleh Ibu Ligwina Hananto dengan moderator Ibu Najelaa Shihab.

Salah satu yang sangat menarik perhatian dari presentasi ini adalah cerita dari seorang guru dari Lampung yang mengajarkan pada sekelompok murid yang tidak memiliki cita-cita karena faktor ekonomi. Pak Rif’an alah satu Jagoan Finansial pertama, mengajarkan ilmu finansial kepada guru dan murid yang ada disekolahnya. Program yang dibuat adalah study tour ke Darul Quran dan Monumen Nasional, Jakarta dengan cara menyisihkan dari uang saku. Hal itu bisa merubah pola pikir murid, untuk bersemangat mengejar cita-citanya. Menabung itu bisa menimbulkan harapan hidup”, begitu kata Pak Rif’an. Sederhana namun dalam.

Tujuan utama Jagoan Finansial adalah mencetak orang-orang seperti Pak Rif’an yang memiliki semangat berbagi ilmu dan mengimplementasikan Program Jagoan Finansial.

Harapannya guru dan murid lebih bijak dalam mengelola uang agar semua mimpi dan tujuannya bisa tercapai. Program Jagoan Finansial membutuhkan dukungan dari berbagai pihak baik materi maupun non materi. Disinilah kesediaan

para peserta dan undangan pada Janji Publik ini diminta untuk membuat komitmen di depan umum. Dari peserta dan undangan yang hadir, yang berjanji untuk berkontribusi pada program Jagoan Finansial dan mau mewujudkan bentuk kolaborasi ini, antara lain:

  • Michael Tampi (MRA Group), yang menyediakan tiket pp untuk trainer berangkat ke Ambon
  • Shani Budi dan Ferdian Kelana, yang mendesain dan membentuk board games Jagoan Finansial
  • Bima Satria, yang mengembangkan situs untuk program Jagoan Finansial

Pada pesta pendidikan tahun 2018 ini kami mengisi kegiatan Ngobrol Publik dengan menceritakan materi tentang Jagoan Finansial dan kegiatan yang sudah dilakukan. Kolaborasi di Janji Publik 2017 yang lalu sudah menghasilkan beberapa hal, diantaranya:

  1. Program kegiatan Jagoan Finansial Ambon berjalan berkat kerjasama dari Australian Global Alumni dan MRA Group pada November 2017 dan program Jagoan Finansial Lampung Utara pada Maret 2018.
  2. Prototype games Jagoan Finansial udah berhasil dibuat dengan nama Labirin Jagoan Finansial.
  3. Website Jagoan Finansial masih dalam pengembangan.

Di akhir sesi semua peserta kami ajak bermain board games Labirin Jagoan Finansial – sebuah permainan untuk mengenalkan konsep uang. Kegiatan yang bukan hanya menyengkan tapi juga bisa menambah wawasan baru.

Board games Jagoan Finansial ini bentuknya masih prototype. Kami membutuhkan dukungan dari teman- teman agar board games ini bisa kami cetak dan perbanyak. Apabila teman-teman tertarik berpartispasi dalam Program Jagoan Finansial, donasi board games dapat dilakukan di sini

Setiap paket donasi bernilai Rp200.000 terdiri dari 2 board games: 1 untuk donatur dan 1 lagi  untuk dikirimkan ke mitra sekolah di Ambon dan Lampung.

Yuk dukung kami mengirimkan lebih banyak Jagoan Finansial ke seluruh penjuru negeri!

Marhaini/ financial trainer & PIC Quamma project


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch