#QMBisnis, #QMTraining, Articles, QM Interview

Strategi Bisnis Klinik CAM Memanfaatkan Ceruk Pasar Spesifik

Setiap perusahaan perlu menyediakan layanan kesehatan bagi karyawannya, mulai dari tes kesehatan masuk kerja, pemeriksaan kesehatan rutin, hingga kebutuhan akan kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Ceruk bisnis yang sangat spesifik ini berhasil dimanfaatkan dengan jeli oleh Klinik Citra Ardhita Medifarma. Bagaimana strategi bisnisnya? QM Financial berbincang dengan Ayoe Sutomo, generasi kedua yang melanjutkan bisnis ini. Simak cerita lengkapnya ya!

Hai Ayoe, bagaimana kisah awal mula Klinik Citra Ardhita Medifarma (CAM)?

Klinik CAM berdiri di tahun 2003. Awalnya bisnis ini dirintis karena melihat adanya kebutuhan layanan kesehatan yang fokus pada kesehatan di perusahaan. Jadi memang sangat spesifik sekali pasarnya, mayoritas kliennya adalah perusahaan dan manufacture. Awal berdiri di daerah Jababeka Cikarang. Saat itu area Cikarang sudah menjadi cikal bakal kawasan industri. Belum seramai sekarang, namun prediksinya akan menjadi ramai. Dan ternyata prediksi tersebut alhamdulilah benar.

 

Bagaimana perkembangan Klinik CAM hingga kini?

Berdiri sejak 15 tahun yang lalu, alhamdulillah perkembangannya baik. Diawali dengan kontrak aset berupa ruko di tahun 2003, saat ini kami telah memiliki 3 cabang. Sejak beberapa tahun lalu kami juga sudah mendapatkan ijin sebagai Penyelenggara Jasa Kesehatan Keselamatan Kerja yang membuat kami semakin spesifik dan terdepan dalam setiap layanan. Saat ini unit bisnis kami juga bertambah, yaitu pelatihan/training yang juga spesifik pada kebutuhan Kesehatan Keselamatan Kerja, seperti First Aid Training dan Ahli K3 Umum). Pada tahun 2015 kami mendapatkan sertifikasi ISO 9001 : 2008 untuk layanan klinik kesehatan. Hal tersebut tentunya semakin memantapkan kami untuk terus berkarya dan berkembang.

 

Strategi marketing apa yang digunakan untuk mengembangkan Klinik CAM?

Saat ini kami fokus pada pembenahan internal sesuai dengan visi misi kami yaitu ‘Layanan Prima dengan Akurasi Data’. Pembenahan internal termasuk didalamnya adalah pengelolaan SDM, menambah alat periksa dengan teknologi terbaru serta penguatan pada sistem, baik sistem IT maupun sistem alur kerja kami. Harapannya dengan kualitas layanan yang baik, maka pelanggan akan terus bertahan dan bahkan bertambah.

 

Ke depan, apa rencana Ayoe untuk Klinik CAM?

Klinik CAM akan dikembangkan menjadi One Stop Center untuk layanan kesehatan perusahaan. Bisa dalam bentuk Rumah Sakit, namun tetap dengan fokus layanan kami yaitu kesehatan untuk perusahaan/industri.

 

Kisah suka dan duka apa yang Ayoe alami selama mengembangkan bisnis?

Ini banyak. Hahaha.  Suka ketika melihat bisnis ini berkembang, melihat karyawan bahagia dan bisnis ini membawa manfaat bagi banyak orang. Dukanya ketika harus berhadapan dengan masa-masa di mana pencapaian jauh dari target yang sudah ditetapkan, ketika harus berurusan dengan pengembangan SDM kami secara internal, dan juga saat ada keluhan dari pelanggan. Tapi itu semua selalu kami lihat dari sudut pandang yang positif. Setiap masalah adalah tantangan untuk kami mampu berkembang menjadi lebih besar.

 

Ayoe adalah salah satu alumni #FinCLicBisnis yang diadakan April lalu di Jakarta. Manfaat apa saja yang dirasakan dan apakah sudah diaplikasikan?

Banyak banget manfaatnya! Mulai dari lebih meresapi ‘nyawa’ bisnis ini mau seperti apa dan dibawa ke mana. Strategi marketing harus seperti apa, sampai mengecek cashflow dan membedah laporan keuangan untuk membantu kami membuat keputusan bisnis yang akan kami buat. Hampir semua sudah diaplikasikan. Yang jelas jadi selalu punya reminder untuk cek target perusahaan di setiap quarter :)

Yang tidak kalah penting adalah bertemu dengan banyak teman wirausaha. Secara psikologis itu menolong sekali loh. Energi yang ditularkan sangat positif.

 

Apa saran bagi QM Readers yang ingin membangun bisnis?

Saat berbicara membangun bisnis selalu lihat pada peluang. Peluang artinya, lihat pasarnya ada atau tidak. Siapa yang butuh produk saya. Jika itu jelas dan spesifik, dengan kegigihan dan kerja keras, membangun bisnis dapat dilakukan.

 

Apakah Ayoe sudah merencanakan pensiun? Apakah bisnis ini merupakan salah satu persiapan Mba Ayoe menuju masa pensiun nanti?

Bisa jadi, walaupun kami masih sangat bersemangat untuk melebarkan sayap pada berbagai peluang lainnya :)

 

Ternyata ceruk pasar spesifik pun bisa dimanfaatkan dengan baik. Ini tentu karena klinik CAM konsisten melakukan pembenahan internal untuk memberikan kualitas layanan terbaik bagi pelanggan.

Terima kasih sudah berbagi cerita  Ayoe! Sukses terus untuk Klinik CAM ☺

QM Admin

TOPICS

SHARE THIS ARTICLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch