100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, QM Interview, QMTalk, Topik Terkini

#BiasaJadiBaik: Kebiasaan Baik Eksplorasi Kampung Halaman

#BiasaJadiBaik adalah gerakan untuk mengajak teman2 menyiapkan kebiasaan baik. Saat kita pensiun nanti, dari kebiasaan-kebiasan baik lah kita bisa punya kualitas hidup lebih baik. Ini perlu dimulai dari sekarang.

Ada kebiasaan baik di pagi hari. Ada kebiasaan baik dengan pasangan. Ada juga kebiasaan baik dalam mengelola uang.

baca juga:  #BiasaJadiBaik

Bulan Juni ini, dalam rangka momen Lebaran, QM mengajak teman-teman menceritakan kebiasaan baiknya saat Lebaran dan juga persiapannya. Ada Arninta Puspitasari, seorang professional Public Relations dan lifestyle blogger yang akan berbagi cerita.

Apa kebiasaan baik Arninta saat Lebaran?

Saat Lebaran, kebiasaan baik yang selalu kami sekeluarga lakukan adalah pulang kampung! Tujuan utamanya jelas untuk bersilaturahmi dengan eyang buyutnya anak-anak yang tinggal di Pekalongan, Jawa Tengah.

Pulang kampung juga menjadi kesempatan mengeksplorasi kampung halaman yang kami jumpai setahun sekali ini. Sekaligus sebagai media untuk mengenalkan budaya kepada anak-anak. Kami selalu mengusahakan pulang kampung yang terencana baik dari sisi finansial dan persiapan mental-fisik.

 

Mengapa memilih kebiasaan baik pulang kampung yang terencana baik dari sisi finansial dan persiapan mental-fisik?

Pulang kampung wajib banget sih menurutku terencana dengan baik dari segala aspek. Karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, waktu yang cukup lama dan jarak tempuh yang lumayan jauh. Selain itu, saat pulang kampung biasanya biayanya tidak hanya untuk pulang kampungnya tapi juga ada list keperluan yang biasanya menempel saat lebaran seperti bersedekah, dst.

 

Apa saja hasil eksplorasi kota Pekalongan yang Arninta dapatkan?

Eksplorasi selalu aku rencanakan tiap tahunnya. Mulai dari jadwal silaturahmi, wisata kuliner, berkunjung ke museum batik sampai belajar membatik juga belanja batik yang jadi khas kota pekalongan.

 

Dari mana inspirasi kebisaaan baik tersebut berasal?

Orang tuaku dan mertua kebetulan berasa dari kampung halaman yang sama. Keduanya juga setiap tahun pulang kampung. Jadi inspirasi ini berasal dari mereka semua. Hehehe.

 

Sudah berapa lama kebiasaan baik tersebut Arninta terapkan?

31 tahun sejak aku dilahirkan. Hahaha. Kalau sejak memiliki keluarga sendiri berarti sejak 7 tahun lalu. Karena saya dan suami satu kampung halaman, lumayan menghemat biaya nih.

 

Apa saja dampak yang dirasakan sejak mengikuti kebiasaan baik tersebut?

Aku, suami dan anak-anak jadi mengenal silsilah keluarga. Kami pun belajar mengenai sejarah keluarga, value baik yang bisa diteruskan, kebudayaan daerah yang kaya sampai mendapatkan pengalaman yang selalu dirindukan setiap tahunnya.

 

Apakah kebiasaan baik tersebut akan dibawa hingga masa pensiun? Mengapa?

InsyaAllah iya. Apabila keluarga besar masih berkumpul terus di sana hingga masa pensiun nanti tentu kebiasaan ini akan diteruskan. Tapi jika tidak pun, sepertinya akan rindu berkunjung ke sana setiap tahunnya walaupun tidak saat momen lebaran.

 

Kalau boleh tahu, Arninta sudah siap pensiun belum?

Belum ☺

 

Apa saja yang sudah Arninta siapkan untuk menghadapi masa pensiun nanti?

Sejak memiliki menikah (2 tahun setelah bekerja/memiliki penghasilan tetap), aku memulai pos investasi untuk pensiun, begitu juga dengan suami. Karena menurut kami memang ini sangat penting dan perlu dimulai sejak awal berumah tangga.

 

Serunya mengeksplorasi kampung halaman! Lebih seru lagi karena sudah direncanakan dengan matang baik secara fisik, mental maupun finansial.

 

Kamu punya kebiasaan baik lainnya saat Lebaran? Yuk share di social media dengan hastag #BiasaJadiBaik. (Karena) biasa, (lama-lama) jadi baik.

 

QM Admin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch