Articles, lebaran, Topic of The Month, Topik Terkini

Kantong Tetap Aman Saat Libur Panjang

Minggu ini adalah minggu terakhir sebelum libur Lebaran. Beberapa sekolah bahkan sudah mulai meliburkan murid-muridnya. Libur Lebaran kali ini termasuk panjang. Padahal saat libur, ongkos hidup kita meningkat loh. Apalagi dengan anak yang libur sekolah dan ART yang pulang ke kampung halaman. Apakah kantongmu akan tetap aman saat libur panjang?

Biaya Yang Meningkat Saat Liburan Panjang

  1. Asisten pengganti. Saat ditinggal Asisten Rumah Tangga (ART) mudik ke kampung halaman dan kita merasa tidak sanggup mengurus rumah sendirian, solusinya adalah mencari ART infal. Dengan adanya ART infal, kita bisa menikmati liburan dengan tenang tanpa harus dipusingkan dengan urusan menyiapkan makanan dan membersihkan rumah. Konsekuensinya, biaya ART infal ini jumlahnya tidak sedikit. Karena banyak yang membutuhkan jasa mereka sementara stok tenaga kerja terbatas, otomatis harga pun meningkat.
  2. Menyiapkan makanan. Kalau kamu memilih untuk bertahan tanpa ART infal, artinya kamu harus menyiapkan makanan sendiri. Masak sendiri dong biar hemat? Enggak harus masak tiap hari kok. Kamu juga bisa siapkan stok frozen food biar tinggal dihangatkan, order online atau makan di restoran. Sila diatur dan disesuaikan dengan kemampuan.
  3. Menjaga rumah tetap bersih. Selama enggak ada si mbak, cucian harus tetap ada yang urus, rumah pun tetap harus bersih dong. Kamu bisa mengerjakan sendiri semua pekerjaan rumah, mengirim cucian ke laundry kiloan atau  memanggil jasa orang untuk membersihkan rumah. Makin ke sini makin tinggi ya biayanya. ☺

Menjaga Kantong Tetap Aman

Agar kantong tetap aman selama liburan panjang, semuanya harus dianggarkan. Buat anggaran di awal dengan menyadari kemampuan keuangan kita. Kalau memang baru mampu makan di food court ya jangan memaksakan diri makan di restoran hanya demi terlihat keren. Kalau belum mampu menginap di hotel karena malas beberes rumah, mending menginap di rumah orang tua. Tapi jangan juga datang dengan tangan kosong ya. Tetap harus ada kontribusi yang kita berikan untuk orang tua.

Apapun pilihanmu untuk mengatur pengeluaran saat libur panjang, selalu sesuaikan dengan kemampuan ya. Bikin anggaran di depan dan taati. Jangan sampai harus menggesek kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan konsumtif.

Selamat liburan tenang dengan kantong tetap aman!

QM Admin

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch