Articles

Mudik? Saatnya Liburan Di Kampung Halaman

Mudik ke kampung halaman sudah menjadi ritual tahunan. Anggap saja mudik ini seperti liburan di kampung halaman. Agar liburan di kampung halaman tetap nyaman, bikin anggaran sesuai pos-pos utama, antara lain:

  1. Transportasi. Tranportasi merupakan pengeluaran mudik yang utama. Biaya ini tergantung moda transportasi yang digunakan, jarak ke kota tujuan, dan jumlah orang yang berangkat. Ongkos transportasi dengan pesawat ke luar pulau sebuah keluarga dengan 3 orang anak tentu jumlahnya cukup wow. Selain transportasi publik, kendaraan pribadi banyak menjadi pilihan untuk mudik. Selain biayanya lebih murah, kita bisa lebih leluasa mengatur jadwal, memilih rute, bahkan bisa sekalian mampir ke obyek wisata di perjalanan.
  2. Akomodasi. Pulang ke kampung halaman dan menginap di rumah orang tua atau kakek-nenek pasti menjadi momen nostalgia yang berharga. Namun, dengan banyaknya anggota keluarga yang mudik, bisa-bisa rumah di kampung halaman tidak cukup untuk menampung keluarga besar. Kalau sudah begini, menginap di hotel pun menjadi pilihan.
  3. Kebutuhan harian. Seperti liburan, saat mudik ada kebutuhan harian yang harus dipenuhi. Mulai dari kebutuhan makanan harian, transportasi lokal, hingga jajan! Kesempatan mudik menjadi saat yang tepat untuk melepaskan kerinduan akan jajanan lokal favorit. Ujung-ujungnya wisata kuliner deh!
  4. Rekreasi. Mengingat libur lebaran kali ini cukup panjang, pasti bosan kalau hanya berdiam saja di rumah. Saatnya mengeksplorasi kampung halaman! Gak harus selalu berkunjung ke obyek wisata main stream kok. Kamu juga bisa ekplorasi kebudayaan, sejarah hingga kulinernya. Eh, kok kuliner lagi? Hihihi.
  5. Shopping. Siapa yang tahan tidak belanja saat mudik? Sebelum mudik, kita belanja buah tangan dari kota tempat kita bekerja untuk dibagi ke keluarga di kampung halaman. Sebaliknya saat berada di kampung halaman, kita berbelanja oleh-oleh untuk teman-teman dan tetangga di kota tempat kita bekerja. It’s a festive season!

Selain 5 pos mudik yang sama seperti 5 pos liburan, ada pengeluaran yang khas saat mudik, yaitu salam tempel! Kesempatan mudik juga menjadi saat untuk berbagi rezeki kepada orang tua. Kalau salam tempel sih udah pasti jadi hal yang paling dinanti oleh keponakan. Bentuk salam tempel ini gak harus amplop loh. Sekarang sudah yang menjual aksesoris gantungan kunci yang bisa disisipi uang, multifungsi deh. Kamu juga bisa memberikan angpau dalam bentuk digital. Praktis, tinggal transfer.

Menikmati waktu liburan di kampung halaman ini akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan untuk keluarga.

Selamat Lebaran dan selamat liburan!

QM Admin

TOPICS


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch