Articles, Practical Tips, Topik Terkini

Serunya Liburan Bersama Keluarga. Ayo Siapkan Dananya!

Meski Lebaran sudah usai, anak-anak masih libur sekolah sampai pertengahan Juli ini loh. Mana suaranya orang tua yang pusing mengisi liburan anaknya?

Enggak mungkin dong, anak-anak sebulan nganggur di rumah aja. Periode libur sekolah anak yang panjang ini biasanya diisi dengan kegiatan apa aja sih? Ada yang ikut kursus untuk mengembangkan keterampilan baru seperti public speaking. Ada juga yang sifatnya have fun. Misal jalan-jalan ke mal, makan-makan di kafe atau nonton film di bioskop. Nah, selain kegiatan di dalam, libur sekolah anak ini biasanya dimanfaatkan untuk liburan keluarga ke luar kota atau bahkan ke luar negeri!

Liburan merupakan salah satu cara untuk menyegarkan pikiran dan sejenak lepas dari rutinitas. Pasti makin seru kalau liburannya bersama keluarga. Gak cuma buat senang-senang, liburan bersama keluarga juga menjadi momen untuk quality time bersama orang-orang tercinta. Setidaknya, setahun sekali liburan bersama keluarga menjadi agenda wajib untuk dijalani.

Liburan terdiri dari dua macam, liburan rutin dan liburan khusus. Liburan rutin bersama keluarga ini biasanya dijadwalkan setiap tahun. Karena liburan ini dilakukan rutin, perhatikan agar anggarannya tidak lebih dari satu kali penghasilan kita per bulan. Logikanya, kasian amat sudah kerja capek-capek akhirnya satu bulan gaji cuma habis untuk liburan. Untuk special trip, karena spesial tidak dilakukan rutin, biayanya juga biasanya lebih tinggi. Sebaiknya kita punya waktu lebih panjang untuk mengumpulkan Dana Liburan. Misalnya dalam 3 tahun atau 5 tahun.

Kalau sudah ditentukan jadwalnya, sekarang kita bahas bagaimana menyiapkan Dana Liburan keluarga.

Mengumpulkan Dana Liburan bisa dengan beberapa cara:

  1. Siapkan dari Bonus / THR. Bonus/THR yang didapat setahun sekali itu cocok banget untuk jadi Dana Liburan. Boleh kok disiapkan. Jadi semangat kerja juga kan.
  2. Bikin Tabungan khusus Dana Liburan. Merasa Bonus/THR gak cukup, buat juga Dana Liburan dalam bentuk tabungan khusus. Diisi rutin. Kapan aja mau liburan, siap berangkat.
  3. Investasi di Reksadana. Masih kurang juga? Pengen liburan dengan Dana Liburan 10x gaji bulanan? Ya kalau ada duitnya bisa diusahakan lho. Dengan investasi!

Untuk tujuan jangka pendek, produknya tidak perlu aneh-aneh, bisa pakai tabungan atau deposito. Menabung Rp1.000.000 per bulan selama 12 bulan, artinya tahun depan kita punya Rp12.000.000 yang dapat digunakan untuk berlibur.

Untuk yang jangka menengah bisa ke Reksadana. Kumpulkan secara regular tiap bulan dengan menggunakan Reksadana Pasar Uang. Target hasil investasi rata-rata selama 3 atau 5 tahun sekitar 5-6% per tahun.

Liburan keluarga itu penting! Rencanakan minimal setahun sekali. Sesuaikan dengan kemampuan ya. Indonesia kaya akan destinasi wisata lokal.

Jadi, kamu mau liburan ke mana tahun ini?

QM Admin

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch