100 Langkah Untuk Tidak Miskin, Articles, Practical Tips

Memilih Produk Yang Melayani Tujuan Finansial

“Aku mau investasi nih. Produk apa ya yang bagus?”

Sejak menjadi bagian dari QM Financial, saya sering sekali mendapatkan pertanyaan semacam ini. Produk keuangan apa yang akan dipilih? Tentunya produk yang melayani tujuan finansial. Jadi, saya tanya balik nih, “Tujuan Lo Apa?”

Produk investasi itu ibarat kendaraan. Kendaraan bisa bergerak kalau ada tujuannya. Misal nih, tujuan kita ke Bogor, maka kendaraannya bisa pakai mobil, motor, KRL atau bus. Kalau kita tidak menentukan tujuan kita lebih dulu, bisa-bisa kendaraan tadi hanya berkeliling dalam kota saja dan kita tidak akan sampai ke tujuan.

Tujuan finansial terdiri dari judul, nilai dan jangka waktu. Dari sisi jangka waktu, tujuan finansial dibagi menjadi 3: jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Tujuan finansial jangka pendek biasanya punya target waktu pencapaian kurang dari 5 tahun. Contohnya Dana Darurat, Dana Liburan.

Untuk tujuan finansial jangka menengah, target waktu pencapainnya sekitar 5-10 tahun, contohnya Dana Pendidikan Anak. Sedangkan tujuan jangka panjang perlu waktu lebih dari 10 tahun untuk mencapainya, seperti Dana Pensiun.

Saat berinvestasi, kita berhadapan dengan risiko. Untuk meminimalkan risiko, kita bisa memilih produk berdasarkan jangka waktu. Untuk tujuan finansial jangka pendek, kita cenderung menghindari risiko. Produk yang bisa dipakai deposito, obligasi, reksa dana pasar uang atau reksa dana pendapatan tetap. Produk untuk jangka menengah bisa memakai reksadana campuran dan untuk jangka panjang bisa dengan reksadana saham atau saham.

Belakangan sedang ramai dibahas Savings Bond Ritel (SBR) seri 004. Savings Bond Ritel merupakan salah satu instrumen pembiayaan negara yang ditawarkan kepada individu Warga Negara Indonesia. Pembiayaan melalui utang ini akan digunakan pemerintah untuk kegiatan yang produktif. Dengan waktu jatuh tempo selama 2 tahun, kupon bunga mengambang mulai dari 8.05% p.a dan nilai investasi terjangkau mulai dari Rp1.000.000, SBR004 menjadi instrumen investasi yang menarik.

Namun, sebelum kamu ‘latah’ ikut berinvestasi, tentukan dulu tujuan finansialmu. Nilai investasi SBR 004 baru bisa dicairkan saat jatuh tempo 2 tahun mendatang, atau dicairkan lebih cepat setahun mendatang dengan fasilitas early redemption. Obligasi seperti SBR004 memberikan pendapatan tetap setiap bulannya. Kupon diberikan setiap tanggal 20. Besaran kupon mengambang dengan nilai minimal 8.05% p.a. Nilai ini belum dipotong pajak 15% ya. Dengan pemberian kupon bulanan, prinsip bunga ber bunga tidak bekerja. Untuk bisa menggulung dana awalmu, kamu perlu menginvestasikan kembali kupon yang kamu peroleh. Ketahui detailnya di sini: https://www.kemenkeu.go.id/sbr

Jadi produk seperti apa yang melayani tujuan finansialmu? Apakah yang mampu memberikan pendapatan tetap setiap bulannya? Atau kamu masih perlu instrumen untuk menggulung dana investasimu? Produk investasi yang kita pilih harus mampu melayani tujuan finansial. Tujuan dulu, baru produk. Jadi, TujuanLoApa?

Bingung memilih produk yang melayani tujuan finansialmu? QM Planner bisa membantu. Hubungi kami via WA di 0811 1500 68 (Mia/Nita).

Honey JT


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch