Articles

7 Langkah Kelola Bonus Asian Games

Perhelatan akbar Asian Games ke XVIII baru saja berlalu. Hiruk pikuk kemeriahannya masih terasa hingga kini. Selain sukses dengan megahnya opening & closing ceremony, Asian Games kali ini mengukir sejarah prestasi dengan perolehan 98 medali! Para atlet pun mendapatkan bonus ratusan juta hingga milyaran rupiah. Uang sebanyak ini bisa menguap loh kalau gak dikelola dengan benar. Yuk simak 7 langkah kelola bonus Asian Games dari Ligwina Hananto.

 

  • Bayar Utang

 

Ini kesempatan langka. Saat mendapat bonus besar, semua utangmu bisa lunas hari ini juga. Kalaupun kamu memilih untuk tidak melunasi utang, minimal alokasikan cicilan untuk 1 tahun ke depan.

 

 

  • Financial Check Up

 

Financial check up ini tujuannya untuk memeriksa cash flow. Berapa sih biaya hidup bulanan yang harus tersedia agar kamu bisa survive? Makin banyak gaya, biaya hidupnya makin mahal. Lifestyle ini biasanya susah diturunkan. Belajar hidup sederhana yuk!

 

 

  • Dana Darurat

 

Dari hasil pengecekan arus kas, kita bisa menghitung kebutuhan Dana Darurat. Siapkan untuk setahun ke depan ya. Dana Darurat = biaya hidup x 12 bulan. Mumpung duitnya ada, sisihkan sekarang juga.

 

 

  • Fasilitas Kesehatan

 

Saat sakit, ada risiko keuanganmu berantakan karena harus opname. Kalau kamu sakit, yang bayarin siapa? BPJS Kesehatan, asuransi kesehatan swasta atau fasilitas kantor? Siapkan fasilitas kesehatan ini untuk satu keluarga ya.

 

 

  • Tujuan Jangka Pendek

 

Prinsip TujuanLoApa mengajak kita berhenti mengejar return kalau tujuannya sudah sampai. Kamu punya tujuan jangka pendek apa saja? Misal, untuk Dana Menikah 6 bulan ke depan, Dana Pendidikan Anak masuk SD tahun depan, Dana DP Rumah, Dana Modal Bisnis. Mumpung ada uangnya, parkir yuk! Gak perlu ambil risiko yang gak perlu.

 

 

  • Tujuan Jangka Panjang

 

Ini untuk tujuan jangka panjang, gak harus dipenuhi sekarang. Tapi bisa dibuat hitungan investasinya dulu, mau investasi dengan dana berapa untuk berapa lama.

 

  • Aset Aktif

 

Masa produktif atlet biasanya relatif pendek sehingga atlet akan pensiun lebih cepat. Kunci pensiun adalah tetap punya penghasilan dari berbagai pintu, Misalnya dari 3 aset aktif: bisnis, properti dan surat berharga.

 

Hati-hati kelola uang bonusnya ya. Biasanya akan banyak yang ‘minta tolong’. Prioritaskan langkah 1 sampai 7 sebelum ramai ‘proposal’ dari kanan-kiri.

Semoga bermanfaat!

 

QM Admin

TOPICS


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch