Articles

Begini Caranya Atur Uang Sobat Milenial

Milenial. Satu generasi yang saat ini sering sekali diperbincangkan. Utamanya karena gaya hidup yang jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Gaya hidup generasi milenial ini nampak sangat menyenangkan dan bikin iri. Gimana gak bikin iri? Mulai dari hobi traveling, gaonta-ganti gadget, makan di restoran mahal, selalu mengikuti mode terkini, dan kerap memakai barang branded. Pertanyaannya, bagaimana ya cara mereka memperoleh itu semua? Bisa jadi karena gajinya yang besar. Atau jangan-jangan, gaya hidupnya didapat dari berutang?

26 September lalu, QM Financial diundang oleh Traveloka Indonesia untuk memberikan sharing session dengan tema Financial Health Management for Millennials untuk para karyawannya yang masih berusia di bawah 30 tahun.

Mengatur keuangan itu mudah asal tahu caranya. Berikut tips mengatur uang yang disampaikan oleh Ligwina Hananto, lead trainer QM Financial. Biar kamu bisa menjadi generasi milenial yang independen secara finansial.

  • Buat Catatan Arus Kas. Catatan arus kas pengeluaran dan pendapatan perlu dibuat oleh setiap orang. Dengan begitu, jumlah aliran uang dan tujuan penggunaannya dapat terdeteksi. Kamu pun bisa mencegah bocor alus dalam keuanganmu.
  • Alokasikan Uangmu. Setelah kamu terima gaji, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah sisihkan minimum 10% untuk menabung dan berinvestasi. Setelah itu kamu bisa lokasikan uangmu untuk kebutuhan lainnya seperti bayar cicilan, pengeluaran rutin bulanan, dan lifestyle. Jangan lupa sisihkan juga untuk pengeluaran sosial seperti zakat ya.
  • Jangan Banyak Cicilan. Kamu terpaksa berutang? Gak masalah kok, memang terkadang berutang juga diperlukan. Pastikan utang itu produktif ya. Misal utang untuk rumah (KPR) atau utang untuk beli kendaraan. Jadi gak masalah tuh saldo rekeningmu berkurang untuk membayar cicilan asalkan asetmu bertambah. Boleh kok berutang, selama gak digunakan untuk hal konsumtif dan foya-foya. STOP mengunakan kredit untuk mencicil tiket liburan ya. Gak enak kan, liburannya udah kelar dari kapan, tapi kamu masih mencicil tiketnya sampai sekarang.
  • Menabung Dengan Tujuan. Menabung memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi untuk kalian wahai milenial. Mereka yang kesulitan menabung biasanya tidak punya target dan tujuan finansial di masa depan. Oleh karena itu, buatlah tujuan yang ingin dicapai di masa mendatang. Coba ubah mindsetmu, bahwa menabung itu bukan lagi sebagai kewajiban melainkan sudah menjadi kebutuhan.
  • Action. Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatur uangmu. Sekarang saatnya kamu melakukan action plan di atas agar kamu menjadi generasi milenial yang mandiri secara finansial.

Selamat mengatur uangmu sobat milenial!

Nita Kurniawati

TOPICS


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch