Articles

Wahai Anak Muda, Ayo Atur Uangmu!

Menurutmu, apa sih kebiasaan anak milenial dibawah umur 30 tahun?

Banyak yang akan menjawab senang liburan, sebagian lagi menjawab senang membeli barang bermerek, ada yang sering menggunakan kartu kredit untuk berbelanja… pokoknya semua hal yang bersifat senang-senang di usia muda, ya kan?!

Apakah kebiasaan itu salah? anak milenial pasti akan menjawab tidak, karena usia muda tidak datang dua kali dan pengalaman tidak akan terulang ☺.

Senin, 12 November 2018, QM Financial mengadakan seminar “Ayo Atur Uangmu” pada acara tahunan karyawan PT Procter & Gamble Indonesia (P&G Indonesia).

Financial trainer QM Financial, Jerry Adriaan Pessiwarisa tidak mengajarkan milenial untuk menyiksa diri dan harus berhemat terus. Mengapa? Karena kita berhak untuk bahagia dan menikmati hasil kerja keras kita tapi keuangan harus tetap diatur dengan baik!

Penghasilan yang didapatkan setiap bulannya, selain digunakan untuk bersenang-senang dan menekuni hobi, tetap harus disisihkan untuk tujuan yang berguna untuk masa depan, contohnya tujuan keuangan untuk membeli rumah, Dana Pensiun, Dana Darurat dan lainnya.

Ada 3 hal agar keuanganmu tetap sehat walaupun sering liburan tanpa berutang:

  1. Catat Pengeluaran. Nah kegiatan yang satu ini biasanya tidak dipernah disentuh oleh kaum milenial karena alasan ribet, dan prinsip yang sudah keluar ya keluar saja, benar enggak? ☺. Mulai deh sekarang catat pengeluaranmu, minimal sebulan agar kamu dapat melihat pola pengeluaranmu sehingga keuangan dapat terkontrol. Kini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi digital yang mendukung untuk mencatat pengeluaran di ponselmu. Baca juga: Gunakan Apps Untuk Atur Keuangan
  2. Alokasikan Uangnya. Setelah melakukan pencatatan keuangan, kamu bisa mengetahui jumlah pengeluaran dan sisa dari uang gaji yang dapat ditabung. Alokasikan gajimu untuk menabung (minimal 10% dari penghasilan bulanan), cicilan (maksimal 30% dari penghasilan bulanan), pengeluaran rutin, pribadi/lifestyle (maksimal 20% dari penghasilan bulanan) dan sosial. Ingat selalu untuk menabung di awal sebelum gajimu habis! Untuk menabung, kamu dapat melakukannya di bank konvensional, menabung emas atau berinvestasi. Buat rekening terpisah antara pengeluaran bulanan, rekening hura-hura dan rekening menabung untuk tujuan masa depan seperti Dana Pensiun. Baca juga: Mulai Dengan Setengah Harga Sepatumu
  3. Menjaga Cicilan. Cicilan yang sehat adalah maksimal 30% dari penghasilan bulanan. Ini sudah termasuk cicilan gadget, elektronik dan kendaraan serta properti  bila ada. Seringkali, milenial mencicil untuk liburan yang sebenarnya tidak disarankan. Pastikan cicilan sudah habis dan tidak ada saat hari keberangkatan tiba. Biasakan apabila ingin berutang, gunakan untuk hal yang produktif seperti utang kepemilikan rumah dan mobil. Baca juga: Saya Butuh Uang, Boleh Utang Enggak?

Jadi, ternyata enggak sesulit itu kan untuk bisa punya keuangan yang sehat tanpa mengesampingkan hal bersenang-senang ☺

Sila tim QM Financial di WA 0811 1500 688 untuk kebutuhan pelatihan di kantormu!

-Mia Damayanti-

TOPICS


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch