Articles

3 Alasan Kamu Perlu Financial Check Up

Pada tanggal 28 November lalu, QM Financial mendapatkan kesempatan untuk memberikan pelatihan literasi keuangan bagi karyawan Australia Awards Scholarships-Indonesia. Tahu dong ya, mereka ini yang biasanya bekerja untuk membantu orang Indonesia yang ingin belajar S2 atau S3 di Australia dan mendapatkan beasiswa. Kali ini, mereka yang akan belajar dan menambah wawasan tentang pentingnya perencanaan keuangan.

Selama pelatihan berjalan, seperti biasa QM Financial menyampaikan materi disertai aktivitas sehingga tidak merasa bosan dan ngantuk, mulai dari aktivitas permainan literasi keuangan, bermain expenses cards dan ada praktek mengisi formulir data keuangan untuk mengetahui sehat atau tidaknya keuangan kita. Seperti sebuah rumah yang akan berdiri jika ada pondasinya yang kuat maka sama halnya dengan Financial Check up adalah pondasi awal dari sebuah rencana keuangan.

baca juga: Blueprint of Your Money

Financial check up adalah pemeriksaan secara keseluruhan terhadap keuangan kamu. Hal ini bisa kamu dilakukan secara periodik, baik setiap bulan, setiap enam bulan atau pun setiap tahun.

Ada 3 alasan utama mengapa Financial Check Up itu penting untuk dilakukan.

 

  • Mengetahui Status Aset

 

Jika kamu akan mulai berkeluarga ataupun sudah berkeluarga, mengetahui status aset harta ini sangat penting. Tahu kan ya ada UU perkawinan tahun 1974 yang mengatur bahwa harta dalam sebuah pernikahan adalah harta bersama, jangan lupa bahwa utangnya juga jadi milik bersama loh. Financial Check up untuk mengetahui Status Aset ini biasanya dilakukan 1 tahun sekali, tujuannya untuk mengetahui berapa jumlah kekayaan bersih yang dimiliki sehingga jika terjadi apa-apa, dokumen ini yang akan ‘berbicara’.

baca juga: 5 Hal Perencanaan Keuangan Pengantin Baru

 

  • Mengontrol Pengeluaran

 

Apakah kamu termasuk orang yang merasa penghasilanmu cukup untuk kebutuhan sehari-hari tapi ternyata belum sampai waktu gajian tiba, uang sudah habis. Bahkan, gak tahu uangnya habis buat apa saja. Dengan melakukan Financial check up, hal itu tidak akan terjadi, karena dengan mencatat dan mengecek setiap pengeluaran, kamu jadi tahu uangnya mengalir kemana saja sehingga pengalokasian dalam rencana keuangan kamu akan lebih tepat dan terarah.

Selain itu dengan menggunakan financial check up, kamu bisa memotong pos-pos tak penting yang bisa dihemat.

baca juga: Kiat Jitu Atasi Gajian Tak Kasat Mata

 

  • Persiapan Menentukan Rencana Keuangan

 

Financial check up merupakan langkah baik demi mempersiapkan keuangan yang lebih terencana di masa depan. Sebelum kamu menentukan tujuan finansial, perlu dilihat dulu uang yang dimiliki apakah cukup untuk memenuhi semua tujuan atau prioritas beberapa tujuan.

Hasil dari financial check up dapat mengetahui berapa kemampuan kita untuk berinvestasi, juga dapat mengetahui kemampuan kita dalam mengambil cicilan misalnya.

baca juga: Banyak Manfaat Dari Financial Check Up

Rencana keuangan yang baik adalah yang dijalankan secara teratur, disiplin dan menggunakan produk investasi yang menjawab kebutuhan.

Kami percaya bahwa ada sebuah proses dalam belajar yaitu awareness-understanding-action. Tidak bisa kami jamin 100% semua akan langsung mengaplikasikannya namun ada sebuah proses pemahaman di sini dan muncul ketertarikan untuk belajar lebih lanjut.

Finance Should be Practical!

Risma Prismayani


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch