#QMBisnis, Articles, QM Interview, Start A Business!

Sawala, Bisnis Rintisan Sutisna Yang Minim Modal

Memiliki usaha sendiri tentunya menjadi impian setiap orang. Namun menentukan mau membuat bisnis apa terkadang cukup membuat bingung, tapi bagi Sutisna Mulyana yang mendirikan usahanya sendiri saat masih bekerja menjadi karyawan. Mari kita baca cerita lengkap Sutisna saat mendirikan Sawala!

 

Hai Sutisna, bagaimana kisah awal mula berdirinya PT Sawala Inovasi Indonesia?

Tahun 2015 akhir, saya dan teman masih bekerja di sebuah creative agency. Saat itu, kami sedang ditugaskan dalam proyek pengembangan program kewirausahaan (entrepreneurship) yang bekerjasama dengan pemerintah kota Surabaya. Karena setiap hari lingkungannya berhubungan dengan membuat usaha, dan mendapatkan banyak materi tentang merintis bisnis, saya jadi kepikiran untuk juga memulai usaha sendiri. Akhirnya mulai dengan membuat web development agency. Alhamdulillah sampai saat ini bisnis di bidang teknologi yang saja jalankan dengan nama dagang SAWALA sudah berjalan selama 3 tahun dan sudah berbadan hukum.

 

Apakah kekhasan dari web development yang PT Sawala Inovasi Indonesia tawarkan kepada pelanggannya?

Sawala mengembangkan produk software berbasis cloud untuk usaha yang bernamakan formulir.id. Sebenarnya konsepnya seperti formulir isian yang banyak digunakan secara online tetapi formulir.id memiliki kelebihan dengan dilengkapi fitur yang memudahkan untuk penjualan online.

 

Bagaimana perkembangan Sawala dari mulai berdiri sampai saat ini?

Sejak berdiri tiga tahun yang lalu, alhamdullilah perkembangannya baik. Dari segi penjualan dan jumlah klien meningkat dari tahun ke tahun. Walau ada peningkatan revenue  yang konstan, bisnis tetap menghadapi dinamika dan bagi Sawala, dinamika itu hadir dalam komposisi tim.

 

Strategi apa yang digunakan untuk pengembangan Sawala?

Awal berdiri, Sawala mulai dengan menjual layanan secara business to business dan customized project. Tahun 2019, kami memiliki target ingin masuk ke business to consumer dengan menjual produk dan layanan yang dapat menjangkau pasar lebih luas lagi.

 

Kisah suka dan duka apa yang Sutisna alami selama mengembangkan bisnis?

Karena Sawala baru berdiri 3 tahun, saat memulai usaha ini saya hanya memiliki modal yang minim. Saat usaha sudah berjalan, sedikit terasa berat karena cashflow tidak lancar dari invoice yang pelunasannya seringkali melewati tenggat waktu yang disepakati Sawala dengan klien.

 

Apa saran Sutisna bagi QM Readers yang ingin memulai usahanya sendiri?

Zaman sekarang untuk memulai usaha serba mudah. Ada bisnis yang bisa dilakukan bahkan tanpa modal. Berbisnis bisa juga dimulai dari akun media sosialmu! Jadi, mulai aja dulu!

Terima kasih Sutisna sudah mau berbagi cerita mengenai usahanya, Sukses terus untuk Sawala!

-QM Admin-

TOPICS


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan email Anda untuk update terbaru dari QM!

Contact Us

Ingin mengundang QM untuk kegiatan di tempat Anda? Punya pertanyaan seputar literasi finansial? Tinggalkan pesan dan kami akan segera menghubungi Anda!

Our Location

Grand Wijaya Center Blok D No. 11
Jl. Wijaya II
Jakarta Selatan
Telp: (021) 293 294 08 / 09
Email: info@qmfinancial.com

Keep in Touch